“ Kesadaran Hukum Warga Masyarakat Desa Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan”

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Skripsi. JURUSAN Hukum Dan Kewarganegaraan: “ Kesadaran Hukum Warga Masyarakat Desa Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan”

Al Azis Nurhidayat , 2007. Skripsi. Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang 2007

Perkawinan adalah salah satu perbuatan hukum yang harus diatur oleh pemerintah. Dengan demikian harus dibangun kesadaran hukum masyarakat agar apa yang telah diatur oleh pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik. Kesadaran hukum dalam penelitian ini adalah keadaan mengerti tentang hukum, dalam hal ini adalah hukum perkawinan. Dengan demikian masyarakat akan senantiasa taat dan patuh terhadap undang-undang perkawinan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ; (1), bagaimanakah kesadaran hukum masyarakat terhadap pelaksanaan undang-undang nomor 1 tahun 1974, (2), upaya apa yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan petunjuk dan jawaban yang sebenarnya mengenai praktek berlakunya UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan sehingga dapat diketahui kesadaran hukum masyarakat Desa Lemahjaya terhadap pelaksanaan undang-undang tersebut.

Penelitian ini menggunakan deskriptif persentase, dengan demikian penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal, yaitu kesadaran hukum masyarakat yang beragama Islam Desa Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara terhadap pelaksanaan UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Lemahjaya yang telah menikah berjumlah 300 pasangan suami istri yang diambil sampelnya sejumlah 30 pasangan suami istri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kesadaran hukum warga masyarakat Desa Lemahjaya yang masih rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara terhadap pelaksanaan UU No. 1 tahun 1974 adalah sangat tinggi, hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data yang menggunakan metode analisis deskriptif.
Dengan hasil sebagai berikut: (a), tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Lemahjaya terhadap pelaksanaan UU No. 1 tahun 1974 dilihat dari tingkat pengetahuan tentang perkawinan adalah 72 %, (b), tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Lemahjaya terhadap pelaksanaan UU No. 1 tahun 1974 dilihat dari sikap masyarakat terhadap UU No. 1 tahun 1974 adalah 84 %, (c), tingkat kesadaran hukum masyarakat Desa Lemahjaya terhadap pelaksanaan UU No. 1 tahun 1974 dilihat dari pelaksanaan UU No. 1 tahun 1974 adalah 96 %, (d), tingkat kesadaran hukum masyarakat adalah 84 %. Dengan demikian bahwa tingkat kesadaran hukum masyarakat terhadap pelaksanaan UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menunjukkan angka 84 %. Angka 84 % berdasarkan pada penggolongan atau pengklasifikasian termasuk kriteria sangat tinggi.

Download

“ Kesadaran Hukum Warga Masyarakat Desa Lemahjaya Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan”, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets