“ Pengaruh Pengarbonan Dengan Menggunakan Media Arang Batok Kelapa Terhadap Kekuatan Tarik Alur Pasak Lurus ( Sliding Keyways ) Pada Material Baja Poros Karbon Rendah ”

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: “ Pengaruh Pengarbonan Dengan Menggunakan Media Arang Batok Kelapa Terhadap Kekuatan Tarik Alur Pasak Lurus ( Sliding Keyways ) Pada Material Baja Poros Karbon Rendah ”

M. Herri Putranto ,2005. Skripsi Teknologi mesin , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pengarbonan dengan menggunakan media arang batok kelapa terhadap kekuatan tarik alur pasak lurus. Pengarbonan dilakukan dengan memasukkan spesimen dalam kotak spesimen dengan media arang batok kelapa kemudian dipanaskan dalam dapur pemanas hingga suhu 930oC dan ditahan selama 2 jam, 3 jam dan 4 jam dan didinginkan dalam suhu ruangan. Pengujian pendukung lain yang dilakukan terhadap sifat fisis dan mekanis material adalah pengujian komposisi, pengamatan struktur mikro dan makro.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design bertipe Static Group Comparations. Bahan baku material untuk spesimen adalah baja karbon rendah. Ukuran spesimen uji tarik menggunakan standart JIS Z2201 No 14A dengan alur pasak. Pembuatan alur pasak dengan standar JIS B1303 dan menggunakan mesin frais manual dengan pisau end mill.
Hasil uji komposisi menunjukkan material dasar termasuk dalam golongan low carbon steel dengan kandungan karbon 0,126%. Setelah mengalami pengarbonan, kadar karbon meningkat. Untuk material yang mengalami pengarbonan selama 2 jam kadar karbon sebesar 0,603% sehingga masuk dalam golongan medium carbon steel. Untuk material yang mengalami pengarbonan selama 3 jam dan 4 jam masing masing mempunyai kandungan karbon sebesar 1,014% dan 3,495%, sehingga termasuk dalam golongan high carbon steel.
Pengujian struktur mikro menunjukkan struktur mikro material dasar terdiri dari ferrite dan pearlite. Setelah dilakukan pengarbonan terbagi dalam tiga zona yaitu zona yang hanya terdiri dari cementite, zona gabungan cementite dengan pearlite dan zona inti yang terdiri dari ferrite dan pearlite. Semakin lama waktu pengarbonan, jumlah cementite yang terbentuk semakin banyak. Kekuatan tarik rata-rata yang dapat diterima material baja poros karbon rendah sebesar 473,89 N/mm2. Untuk material yang dilakukan pengarbonan selama 2 jam, kekuatannya sebesar 432,68 N/mm2 atau mengalami penurunan 8,69%. Pada proses pengarbonan selama 3 jam, tegangan maksimal menjadi 450,68 N/mm2 atau mengalami penurunan sebesar 4,90%. Pada proses pengarbonan 4 jam, tegangan maksimal yang dapat dicapai menjadi 470,13 N/mm2 atau mengalami penurunan sebesar 0,79%.
Nilai tegangan luluh spesimen material baja poros karbon rendah sebesar 347,30 N/mm2. Setelah dilakukan pengarbonan selama 2 jam, beban luluhnya sebesar 338,18 N/mm2 atau mengalami penurunan 2,63%. Pada proses pengarbonan selama 3 jam, beban luluhnya menjadi 352,42 N/mm2 atau mengalami peningkatan sebesar 1,47%. Pada proses pengarbonan 4 jam, beban luluhnya menjadi 369,56 N/mm2 atau mengalami peningkatan sebesar 6,41%.

Download

“ Pengaruh Pengarbonan Dengan Menggunakan Media Arang Batok Kelapa Terhadap Kekuatan Tarik Alur Pasak Lurus ( Sliding Keyways ) Pada Material Baja Poros Karbon Rendah ”, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets