“Konsep negara menurut Mohammad Natsi,r dan upaya mewujudkannya di Indonesia (1928 – 1959)”.

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan sejarah: “Konsep negara menurut Mohammad Natsi,r dan upaya mewujudkannya di Indonesia (1928 – 1959)”.

Supardi. 2006. Skripsi pendidikan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh realitas perjalanan sejarah hubungan antara Islam dan politik, hal ini disebabkan ketika nabi Muhammad Saw. wafat dan tidak meninggalkan satu sunah yang pasti bagaimana sistem penyelenggaraan negara.

Pada satu sisi, hampir setiap orang Islam percaya terhadap pentingnya prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan politik, sementara pada sisi yang lain, tidak ada pandangan yang monolitik mengenai bagaimana seharusnya Islam dan politik diposisikan secara tepat, yang muncul dari persoalan tersebut justru pendapat yang sangat beragam. Salah satu tokoh di Indonesia yang memperjuangkan dan memberikan gagasan-gagasannya tentang negara dalam perspektif Islam adalah Mohammad Natsir.
Pokok permasalahan yang diteliti adalah (1) Bagaimana konsep negara menurut Mohammad Natsir, (2) Bagaimana upaya Mohammad Natsir dalam mewujudkan kosep negara yang dicita – citakan (1928 – 1959)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep negara menurut Mohammad Natsir, disamping itu juga untuk mengetahui upaya Mohammad Natsir dalam mewujudkan konsep Negara yang dicita – citakan (1928 – 1959).
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah dapat memberikan penjelasan tentang konsep negara menurut Mohammad Natsir, dan memberikan gambaran tentang upaya Mohammad Natsir dalam mewujudkan konsep negara yang di cita – citakan (1928 – 1959).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi heuristik, kritik sejarah, interpretasi dan historiografi.
Hasil penelitian tentang permasalahan dalam skripsi ini adalah bahwa secara konseptual berdirinya negara bukanlah tujuan utama, tetapi hanyalah sebagai alat yang menjamin supaya aturan-aturan dapat berlaku sebagaimana mestinya. Konsep syuro dalam Islam dikaitkan dengan perkembangan demokrasi masa modern yang dikatakan sebagai theistik demokrasi, sehingga kepala negara berfungsi sebagai eksekutif yang harus bekerjasama dengan legislatif dalam menyelenggarakan negara. Menurut Mohammad Natsir sumber otoritas kekuasaan dan legitimasi adalah Allah Swt. dan manusia adalah sebagai khalifah atau pemimpin yang tugasnya melaksanakan dan menegakkan perintah dari pememegang kedaulatan.
Dalam mewujudkan konsepsinya tentang negara dan agama tersebut dibagi dalam tiga periode : (1) Masa sebelum kemerdekaan yang menghasilkan polemik terbuka tentang pemikiran politik Islam dengan soekarno. (2) Pasca Proklamasi dengan penerimaan Mohammad Natsir terhadap Pancasila sepanjang inti dan hakekat dari semua sila dilaksanakan dengan benar. (3) Majelis Konstituante secara tegas Mohammad Natsir menolak Pancasila dijadikan sebagai dasar negara akibat munculnya pemikiran Soekarno yang menafsirkan Pancasila secara sekuler.
Dengan demikian periode-periode tersebut menunjukkan konsistensinya terhadap kedinamisan sistem Islam dalam sebuah negara modern.
Dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran hendaknya dalam mewujudkan Islam sebagai dasar negara tersebut sesuai dengan jalur konstitusi dengan memilih Partai politik Islam yang memperjuangkan tegaknya nilai – nilai Islam dalam kehidupan kenegaraan dan penyadaran umat Islam akan kesempurnaan nilai-nilai Islam. Disamping itu sebelum terwujud Islam sebagai dasar negara hendaklah para pemimpin umat dapat memberikan contoh akan kesempurnaan nilai-nilai Islam.

Download

“Konsep negara menurut Mohammad Natsi,r dan upaya mewujudkannya di Indonesia (1928 – 1959)”., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets