“Meningkatkan Kemampuan Menulis Digraf Melalui Proses Menulis Pada Siswa Kelas Satu SDN Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang”

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi PGKSD: “Meningkatkan Kemampuan Menulis Digraf Melalui Proses Menulis Pada Siswa Kelas Satu SDN Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang”

Erna Kusumawati NIM : 1402204501 . 2006. skripsi PGKSD, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Pada abad informasi dan globalisasi ini tuntutan zaman makin lama makin tinggi dan kompleks, sehingga siswa perlu mendapat bekal dasar pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang memadahi untuk melanjutkan pendidikan dan terjun ke masyarakat.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) bertujuan meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis. Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat aspek ketrampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Khusus anak kelas satu SD diutamakan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia sederhana melalui membaca, menulis atau mengarang, imla atau dikte dengan menggunakan tata bahasa Indonesia baku (Tim Penatar Procinsi Jawa Tengah, 1998 : 23). Ketrampilan menulis memegang peranan yang sangat penting, karena tanpa memiliki kemampuan menulis sejak dini, siswa akan mengalami kesulitan belajar di kemudian hari (Depdikbud, 1996).
Menulis adalah salah satu aspek ketrampilan yang harus dikuasai dengan baik. Kemampuan menulis dibutuhkan siswa dalam mengerjakan sebagian besar tugas sekolah. Dengan demikian kemampuan menulis harus dimilikinya, sebab mampu menulis sama dengan mampu berbahasa atau tulis.
Kesulitan menulis digraf pada siswa kelas satu SDN Bringin 02 tampak dalam hal-hal sebagai berikut : penulisan bentuk, letak, ukuran dan arah tulisan belum sesuai dengan tulisan yang baku. Hal ini diduga terjadi karena pembelajaran guru kurang memperhatikan proses dalam menulis, tetapi lebih menekankan pada hasil tulisan.
Apabila siswa kelas satu SD sudah mampu menulis digraf dengan proses dan hasil yang benar maka hal itu akan memperlancar siswa dalam menulis huruf gabung yang lain. Dan sebaliknya apabila kemampuan menulis digraf ini tidak dilakukan perbaikan maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menulis selanjutnya. Terkait dengan hal-hal tersebut maka diperlukan suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis digraf pada siswa kelas satu SDN Bringin 02.

Download

“Meningkatkan Kemampuan Menulis Digraf Melalui Proses Menulis Pada Siswa Kelas Satu SDN Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang”, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
Tagged with: [ , , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets