“METODE DOUBEL EXPONENTIAL SMOOTING DAN APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DALAM MERAMALKAN NILAI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) KABUPATEN BREBES TAHUN 2006”

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Matematika: “METODE DOUBEL EXPONENTIAL SMOOTING DAN APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DALAM MERAMALKAN NILAI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) KABUPATEN BREBES TAHUN 2006”

ita Yuni Setyaningsih . 2006. skripsi Matematika, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Sistem perekonomian otonomi daerah yang dilaksanakan sebagai bentuk dari salah satu kebijakan pemerintah, menimbulkan dampak positif dan negatif.

Perkembangan perekonomian juga bersangkutan dengan keuangan pemerintah dalam melaksanakan kebijakan, guna kepentingan masyarakat banyak.
Perencanaan suatu data dalam periode yang akan datang, akan sangat bermanfat dalam pengambilan keputusan. Perencanaan yang sesuai dengan data pada periode sebelumnya, akan mengakibatkan kesamaan dengan penyimpangan yang dapat dikendalikan. Proses dalam penghitungan nilai hasil suatu ramalan dikatakan baik jika, angka hasil ramalan tidak memiliki kesalahan peramalan yang besar, atau dapat dikatakan memiliki mean square error kecil. Proses penghitungan dengan menggunakan metode doubel exponential smooting digunakan apabila data yang digunakan untuk meramal berkecenderungan naik (trend naik). Dalam penghitungan dengan menggunakan program komputer para pengolah data akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan, diantaranya adalah efisien terhadap waktu dan memudahkan dalam melakukan penghitungan.
Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah metode studi pustaka, metode dokumentasi dan metode observasi. Sedangkan variable yang digunakan adalah jumlah produk domestik regional bruto Kabupaten Bebes tahun 1995 sampai dengan tahun 2004.
Hasil peramalan yang diperoleh menunjukkan bahwa jumlah perkiraan PDRB Kabupaten Brebes tahun 2005 adalah sebesar 5301039 juta rupiah, yang dihitung dengan menggunakan Alpha (a) 0,6 dengan program hitung menggunakan Microsoft visual basic. Hasil peramalan tahun 2005 tersebut digunakan untuk menghitung hasil peramalan tahun 2006, hasil peramalan tahun 2006 digunakan untuk menghitung peramalan tahun 2007, dan demikian seterunya. Hasil peramalan tahun 2006 sebesar 5896638 juta rupiah. Masing-masing nilai tersebut dihitung berdasarkan nilai Alpha (a) yang menghasilkan mean square error paling kecil.
Penggunaan program visual basic yang digunakan untuk meramal ini, juga dapat digunakan untuk meramalkan periode-periode berikutnya. Syarat yang harus dipenuhi untuk dapat meramalkan data periode berikutnya yaitu dengan adanya data pada periode sebelumnya.

Download

“METODE DOUBEL EXPONENTIAL SMOOTING DAN APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 DALAM MERAMALKAN NILAI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) KABUPATEN BREBES TAHUN 2006”, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets