“Pemanfaatan Singkong sebagai bahan dasar Bolu ”

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik Jasa dan Produksi: “Pemanfaatan Singkong sebagai bahan dasar Bolu ”

Memil Kuri Hastati, 2005, Skripsi.Teknik Jasa dan Produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Makanan yang berupa roti atau kue banyak disukai masyarakat. Kue atau roti pada umumnya tidak disajikan bersama-sama pada waktu makan siang atau makan malam tetapi beberapa diantaranya dapat digunakan sebagai pengganti makan pagi. Bolu secara prinsip ada yang di oven dan di kukus. Bolu kukus adalah kue yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan tambahan telur, gula pasir, air dan ovalet. Penyelesaiannya dengan cara dicetak kemudian di kukus. Pemanfaatan singkong sebagai bahan dasar bolu kukus merupakan suatu alternative menambah nilai gizi dari singkong itu sendiri. Diketahui bahwa kandungan gizi terbesar dari singkong adalah karbohidrat. Di Indonesia singkong menempati urutan nomor tiga setelah beras dan jagung sebagai makanan, bahkan dibeberapa daerah yang sulit diperoleh beras maka singkong digunakan sebagai bahan makanan pokok.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bolu kukus singkong dengan perbandingan bervariasi ditinjau dari warna, aroma, tekstur, dan rasa serta untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap bolu kukus dengan bahan dasar singkong. Manfaat daripenelitian ini adalah untuk menambah keanekaragaman bolu kukus terutama yang menggunakan bahan dasar singkong dan membantu masyarakat pedesaan dalam bidang ekonomi dengan memanfaatkan singkong yang banyak dihasilkan oleh petani sebagai bahan dasar pembuatan Bolu Kukus serta penyediaan kue yang bergizi, enak dan murah.

Proses pembuatan bolu kukus singkong adalah sebagai berikut: 1) Tahap persiapan meliputi persiapan alat antara lain timbangan, pisau, parut kelapa, kain bersih/kasa, mixer, kom adonan, gelas ukur,solet, cetakan kue, panci pengukus dan kompor. Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain singkong, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, garam dan vanili. 2) Tahap Pelaksanaan meliputi pengocokan bahan sampai rata kemudian dituang dalam cetakan dan dikukus. 3) Tahap Penyelesaian meliputi, Bolu Singkong yang telah dikukus dikeluarkan dari cetakan atau loyang setelah dingin dipotong- potong. Penilaian yang digunakan adalah penilaian subyektif. Penilaian subyektif merupakan cara penilaian terhadap suatu produk dengan menggunakan panelis untuk menilai. Penilaian subyektif merupakan sistem penilaian terhadap bahan pangan dengan menggunakan indra manusia termasuk indra penglihatan, pembau, perasa, peraba dan pendengar.
Penilaian subyektif yang digunakan yaitu penilaian organoleptik. Uji organoleptik yang digunakan adalah jenis hedonik dengan skala scoring. Untuk mengetahui gambaran daya terima konsumen dilakukan dengan analisis diskriptif presentase, artinya kwantitatif yang diperoleh dari penalis harus dianalisis terlebih dahulu untuk dijadikan data kwalitatif.

Download

“Pemanfaatan Singkong sebagai bahan dasar Bolu ”, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets