“Pengaruh Kedisiplinan dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa”

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : “Pengaruh Kedisiplinan dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa”

Novi Dwi Lianawati, 2004 , Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Dari waktu ke waktu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi makin pesat. Arus globalisasi semakin hebat. Akibat dari fenomena ini antara lain munculnya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya bidang pendidikan. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya manisia yang berkualitas, salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan. Hasil kegiatan belajr yang diharapkan adalah prestasi belajar yang baik. Memperoleh prestasi belajar yang baik tidaklah mudah, banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor siswa memegang peranan dalam mencapai prestasi belajar yang baik, karena siswa yang melakukan kegiatan belajar perlu memiliki karakteristik belajar dan kedisiplinan belajar. Selai faktor siswa iklim sekolah juga merperan dalam pencapaian prestasi belajar siswa yang baik. Oleh karena itu peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang “Pengaruh Kedisiplinan dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMK Negeri 5 Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh kedisiplinan siswa dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 5 Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMK Negeri 5 Semarang dari tiga jurusan yaitu : jurusan elektro, mesin dan bangunan. Sehingga dalam penelitian ini populasi berjumlah 290 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan besarnya ukuran sample yang diambil 30% dari populasi sehingga diperoleh banyaknya sample sebesar 87 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu kedisiplinan siswa dan iklim sekolah sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai varaibel terikat. Metode pengumpulan data dengan diokumentasi dan qoesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan regresi. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa termasuk kategori baik (77,86%), iklim sekolah termasuk kategori baik (75,03%), dan rata-rata prestasi belajar siswa adalah 7,25dan termasuk kategori lebih dari cukup. Hasil analisis regresi antara kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa diperoleh persamaan regresi Y = 5,508 + 0,021X1 dengan Fhitung = 55,684 > Ftabel = 3,953, berarti bahwa ada pengaruh antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK Negeri Semarang. Hasil analisis regresi antara iklim sekolah dengan prestasi belajar siswa diperoleh persamaan regresi Y = 5,886 + 0,024X2 dengan Fhitung = 44,453 > Ftabel = 3,953, berarti bahwa ada pengaruh antara iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK Negeri Semarang. Hasil analisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi Y = 5,251 + 0,015X1 + 0,013X2 dengan Fhitung = 36,856 > Ftabel = 3,105, berarti bahwa ada pengaruh antara kedisiplinan dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK Negeri Semarang. Sumbangan iklim sekolah (X1) dan iklim sekolah (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) secara simultan atau secara bersama-sama dapat diketahui dari besarnya harga R2 yaitu 46,7% yang terbagi atas 28,086% adalah sumbangan dari kedisiplinan dan 18,653% adalah sumbangan iklim sekolah.

Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti dapat mengajukan saran yaitu 1) Karena variabel kedisiplinan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan iklim sekolah, maka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa hendaknya guru dapat lebih meingkatkan kedisiplinan belajar siswa, terutama pada kedisiplinan belajar siswa di rumah melalui pemberian tugas-tugas rumah dengan frekuensi yang lebih sering, 2) Walaupun iklim sekolah memberikan pengaruh yang lebih kecil terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan kedisiplinan siswa, tetapi untuk meningkatkan prestasi belajar hendaknya variabel ini harus dipertahankan, dan 3) Untuk pihak sekolah hendaknya meningkatkan iklim sekolah yang lebih baik melalui peningkatan standar tata tertib yang memberlakuan dan meningkatkan penindakan yang lebih tegas lagi kepada siswa yang melanggarnya serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih rapi dan bersih.

Download

“Pengaruh Kedisiplinan dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa", 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on ““Pengaruh Kedisiplinan dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa””

  • tyar kuraya
    18 April, 2011, 1:32

    zory ne cm mw tyk, bech knp harus dipersusah klw mo cr ne materi yg berhubungan dgn skripsi….??????????/

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets