“Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Bagi Wanita Usia Lanjut Di Posyandu Lansia Saras Utomo Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2005”

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

Skripsi jurusan keolahragaan: “Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Bagi Wanita Usia Lanjut Di Posyandu Lansia Saras Utomo Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2005”

Edi Joko Harjanto (2006). Skripsi keolahragaan, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh latihanSenam Sehat Indonesia terhadap peningkatan kapasitas vital paru bagi wanita usialanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolalikabupaten Boyolali tahun 2005? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh latihan Senam Sehat Indonesia terhadap peningkatan kapasitas vitalparu wanita usia lanjut.

Populasi dalam penelitian ini adalah wanita usia lanjut di Posyandu LansiaSaras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali tahun 2005dengan jumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalahpurposive sampling dengan karakteristik sampel : 1) Wanita usia 55-75 tahun. 2)Anggota Aktif Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolalikabupaten Boyolali tahun 2005. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah latihanSenam Sehat Indonesia, sedangkan variabel terikatnya adalah kapasitas vital paruwanita usia lanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatanBoyolali kabupaten Boyolali tahun 2005. Metode pengumpulan data dalampenelitian ini adalah metode eksperiment lapangan dengan jenis pre-test and posttestgroup design, yang terdiri dari pre-test, treatment dan post-test. Intrumentatau alat pengambilan data adalah : 1) Spirometer dari Hutchinson mengukurkapasitas vital paru. 2) Tape recorder dan kaset Senam Sehat Indonesia untuklatihan Senam Sehat Indonesia. Data yang diperoleh dari hasil test diolah denganmenggunakan rumus t-test atau rumus short method.

Dari hasil penelitian, dapat diperoleh data bahwa terjadi peningkatankapasitas vital paru wanita usia lanjut yang signifikan, hal ini ditunjukkan darihasil uji t dengan nilai thitung 3,68 > ttabel 2,46 pada taraf signifikansi 0,01. Rataratakapasitas vital paru sebelum mengikuti latihan adalah sebesar 946 ml dansetelah latihan menjadi 1013,33 ml atau terjadi peningkatan sebesar 7,12 %.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Senam SehatIndonesia dapat mempengaruhi kapasitas vital paru wanita usia lanjut. 2) LatihanSenam Sehat Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan terhadappeningkatan kapasitas vital paru wanita usia lanjut. Maka dapat disarankan wanitausia lanjut di Posyandu Lansia Saras Utomo desa Mudal kecamatan Boyolalikabupaten Boyolali untuk lebih termotivasi dalam melakukan kegiatan SenamSehat Indonesia sebagai salah satu bentuk latihan dalam pembinaan kondisi fisikyang prima dalam menjaga tingkat kesegaran jasmani.

Download

“Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru Bagi Wanita Usia Lanjut Di Posyandu Lansia Saras Utomo Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2005”, 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets