“Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan Tahun 2005”

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (116 votes cast)

Skripsi jurusan keolahragaan: “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan Tahun 2005”

Didik Siswanto, 2005. Skripsi keolahragaan, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruhminat belajar terhadap hasil belajar penjas. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar penjassiswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan tahun 2005.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptifkuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah siswa MAN Kota Pekalongan,dimana dalam pengambilan sampelnya dilakukan dengan proporsional randomsampling. Proporsi yang dipakai sebesar 10 % pada setiap MAN, sehingga jumlahsiswa yang digunakan dalam sampel sebesar 312 siswa. Sedangkan randomsamplingnya dengan menggunakan cara undian, dengan demikian penelitimemberi hak yang sama kepada setiap subyek untuk memperoleh kesempatandipilih menjadi sampel, sedangkan instrumen yang dipakai adalah kuesioner yangtelah dikembangkan. Untuk menghitung validitas angket dengan menggunakankorelasi product moment dimana hasil perhitungan reliabilitas rxy dikonsultasikandengan harga r tabel dengan taraf signifikan 5 %. Jika harga r xy dihitung lebihbesar dari r tabel, maka dikatakan item soal atau instrumen tersebut valid dengannilai validitas 0,361. Sedangkan untuk mencari reliabilitas dalam penelitian inidengan menggunakan rumus alpha, dan untuk mencari ada tidaknya pengaruhminat belajar siswa pada pelajaran penjas dengan menggunakan analisis regresi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat belajar Penjas siswatermasuk kategori tinggi dengan persentase skor 73,21%. Rata-rata hasil belajaPenjas adalah 7,0 dan termasuk kategori baik. Hasil analisis regresi diperolehpersamaan regresi Yˆ = 4,136 + 0,02599X2, dengan diperoleh Fhitung = 205,751>Ftabel = 3,87. Hal ini berarti ada pengaruh minat belajar siswa pada pelajaranpenjas terhadap hasil belajar Penjas. Besarnya tersebut berdasarkan hasilperhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 39,9%.

Mengacu dari hasil penelitian tersebut dimana minat belajar siswa padapelajaran penjas berpengaruh terhadap hasil belajar Penjas, maka penulismengajukan saran agar hasil belajar dapat meningkat, maka perlu memperhatikanminat belajarnya. Untuk meningkatkan minat belajar dapat dilakukan denganmemantapkan tujuan belajar sebagai salah satu faktor penunjang kesuksesan,dengan cara mengkemas materi pelajaran yang lebih menarik, sehingga siswa meumengikuti dan mempelajari materi yang diberikan oleh guru yang akhirnya akandiperoleh hasil belajar yang maksimal.

Download

“Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan Tahun 2005”, 4.8 out of 5 based on 116 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets