“Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga Nelayan di Kabupaten Pekalongan” (Studi Kasus pada 9 Keluarga Nelayan Desa Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan)

This item was filled under [ Pendidikan Luar Sekolah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Pendidikan Luar Sekolah : “Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga Nelayan di Kabupaten Pekalongan” (Studi Kasus pada 9 Keluarga Nelayan Desa Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan)

A. Utomo Budi S., 2005. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah begitu berat tanggung jawab seorang ibu dalam mengasuh anak pada keluarga nelayan, selain iti perilaku anak nelayan yang cenderung kasar atau kurang sopan membuat peneliti tertarik untuk menelitinya. Dalam mendidik dan merawat anaknya, Ibu-ibu bisa dikatakan bekerja sendirian karena suaminya tidak mepunyai cukup waktu untuk ikut mengasuh anak. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana pola pengasuhan anak dan bagaiman peranan Ibu dalam mengasuh anak pada keluarga nelayan di Desa Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pengasuhan anak dan untuk mengetahui peranan ibu dalam mengasuh anak pada keluarga nelayan di Desa Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai upaya penelitiannya. Lokasi penelitian di Desa Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dengan subyek penelitian 9 ibu keluarga nelayan (baik dari keluarga nelayan juragan, nelayan pekerja dan nelayan pemilik atau miskin) serta 3 informan (tokoh masyarakat). Sumber penelitian yang digunakan adalah dokumen, rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, dan observasi partisipan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis taksonomik yang berusaha merinci lebih lanjut, mengorganisasikan atau menghimpun elemen-elemen yang sama.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengasuhan anak pada keluarga nelayan Desa Wonokerto Wetan Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan tidak mempunyai kecenderungan untuk menggunakan salah satu jenis pola asuh saja, orang tua di keluarga nelayan juragan lebih mengarah menggunakan pola asuh demokratis, sedangkan untuk keluarga nelayan pekerja dan nelayan pemilik/ miskin menggunakan kombinasi bentuk pola asuh demokratis dan laissez faire. Pola asuh demokratis ditandai dengan adanya dorongan orang tua untuk anak, perhatian, jika ada perbedaan pendapat dilakukan dengan jalan musyawarah untuk mencari jalan tengah, serta adanya komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak, sedangkan pola asuh laissez faire mempunyai ciri orang tua memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bergaul atau bermain dan mereka kurang begitu tahu tentang apa yang dilakukan anak. Para ibu di kalangan keluarga nelayan sudah cukup mengerti tentang peranannya sebagai orang tua dalam mengasuh anak, hanya yang perlu diperhatikan adalah masalah penanaman perilaku kepada anak agar lebih diperhatikan.

Download

“Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga Nelayan di Kabupaten Pekalongan” (Studi Kasus pada 9 Keluarga Nelayan Desa Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan), 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets