“Rancang Bangun Sistem Pengering Cabai Merah Secara Elektrik”

This item was filled under [ Uncategorized ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: “Rancang Bangun Sistem Pengering Cabai Merah Secara Elektrik”

Rokhani, 2006. Skripsi Teknik Elektro , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Pengolahan hasil pertanian memerlukan penanganan yang baik agar dapat dijaga mutunya. Salah satu hasil pertanian yang rentan terhadap kerusakan fisiologi adalah cabai.

Kerusakan pada cabai disebabkan oleh kandungan air yaitu sekitar 90 %, padahal untuk dapat menembus pasaran dunia internasional maka harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya kadar air cabai kering harus sekitar 10 %. Satu-satunya jalan untuk mendapatkan cabai kering yang berkwalitas adalah melalui proses pengeringan. Pengeringan dapat dilakukan secara alami dan secara buatan (semi mekanik). Alat pengering kali ini memiliki keunggulan diantaranya pengeringan dapat berlangsung lebih cepat, pengeringan tidak tergantung pada alam, hasil pengeringan dapat lebih merata dan masih kelihatan segar. Diharapkan dengan pembuatan alat ini dapat memberikan teknologi tepat guna bagi petani dalam melakukan pengeringan sehingga dapat menghemat biaya operasional.
Pengoperasian alat pengering dengan setting termostat 100 0C pada pemanas, memungkinkan suhu dalam ruangan nantinya dapat stabil. Termostat tersebut akan memutus arus jika panas melebihi setting. Dari pengujian alat pengering kali ini didapat data pengoperasian alat pengering pada suhu awal ruangan 27 0C sedikit demi sedikit akan mulai naik. Dalam hal ini termostat akan bekerja memutus arus 20 menit kemudian dari sejak awal pengoperasian alat.
Termostat akan menghubungkan arus setelah 30 detik kemudian dan seterusnya elemen pemanas akan hidup rata-rata 4 sampai 5 detik, kemudian selalu mati selama 30 detik. Suhu ruangan mencapai 50 0C setelah pengeringan berjalan selama 20 menit, selanjutnya suhu dalam ruangan harus dijaga kestabilannya. selang beberapa jam waktu pengeringan berlangsung didapat hasil pengeringan cabai seperti yang diinginkan.
Penggunaan alat pengering kali ini sangat efektif dalam melakukan pengeringan. Sedangkan mengenai pemakaian sumber pemanas dengan elemen pemanas membutuhkan banyak daya sehingga perlu adanya penambahan suatu rangkaian penghemat daya jika ingin mengeringkan cabai dalam jumlah besar.

Download

“Rancang Bangun Sistem Pengering Cabai Merah Secara Elektrik”, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets