“Studi Eksplorasi Tingkat Pengetahuan Dasar Masyarakat Tentang Instalasi Rumah Tinggal Di Kampung Condrorejo Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”.

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Teknik Elektro: “Studi Eksplorasi Tingkat Pengetahuan Dasar Masyarakat Tentang Instalasi Rumah Tinggal Di Kampung Condrorejo Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”.

A Bastris Utomo Arief Wibowo, 2006,Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Tingkat pengetahuan dasar masyarakat tentang instalasi listrik rumah tinggal di kampung Condrorejo kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang berpengaruh terhadap pemakaian dan pemanfaatan listrik sehingga bahaya yang dapat ditimbulkan oleh listrik dapat kita cegah serta antisipasi dalam pemasangan instalasi listrik dengan pengetahuan yang benar tentang instalasi listrik rumah tinggal sesuai dengan standar persyaratan umum instalasi listrik (PUIL) serta masyarakat dapat menggunakan energi listrik secara aman dan benar sesuai dengan daya yang terpasang.

Listrik dapat dikatakan sebagai aliran arus elektron. Energi listrik tidak dapat dilihat bentuknya tetapi yang dapat dilihat hanya efeknya saja. Instalasi listrik rumah tinggal adalah listrik untuk pembangkitan, distribusi, pelayanan dan pemakaian tenaga listriknya memakai tegangan rendah setinggi-tingginya 1.000V yang dimanfaatkan untuk penerangan dan alat listrik lainnya dengan tegangan nominal 220 Volt dan pembatas arus 10A.
Sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan PLN UPJ Semarang Timur di kampung Condrorejo kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang yang diambil menggunakan teknik prosentase sampling dari masyarakat kampung Condrorejo kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dengan menggunakan tiga variabel penelitian yaitu mengenai dasar-dasar kelistrikan, pemasangan instalasi rumah tinggal serta keselamatan kerja. Dasar-dasar kelistrikan meliputi beberapa aspek yaitu pengertian listrik, tenaga listrik, sumber tenaga listrik dan manfaat listrik; Pemasangan instalasi listrik meliputi aspek syarat pemasangan instalasi listrik dan perlengkapan instalasi listrik; dan Keselamatan kerja meliputi aspek tindakan pengamanan dan aspek bahaya gangguan listrik. Disain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah disain penelitian eksplorasi dengan metode survei yaitu mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai kualitas subyek yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan subyek dalam hal ini tingkat pengetahuan dasar masyarakat tentang instalasi rumah tinggal di kampung Condrorejo Kelurahan Muktiharjo Kidul kecamatan Pedurungan kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dasar masyarakat tentang instalasi rumah tinggal di kampung Condrorejo Kelurahan Muktiharjo Kidul kecamatan Pedurungan kota Semarang tentang variabel dasar-dasar kelistrikan termasuk tinggi (70 %); variabel pemasangan instalasi listrik rumah tinggal termasuk tinggi (75,25 %) serta tentang variabel keselamatan kerja juga termasuk tinggi (76,58 %).Untuk tingkat pengetahuan dasar masyarakat secara umum digolongkan menjadi beberapa tingkatan yaitu sangat tinggi 26,67 % , Tinggi 62 % dan sedang 11,33 %. Hal iii inimenunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang instalasi rumah tinggal termasuk tinggi sehingga pelanggan PLN di kampung Condrorejo kelurahan Muktiharjo Kidul kecamatan Pedurungan kota Semarang mengerti mengenai dasar-dasar kelistrikan, sudah baik dalam pemasangan instalasi serta mengetahui pencegahan ataupun dapat melakukan pertolongan apabila terjadi suatu bahaya gangguan listrik.

Download

“Studi Eksplorasi Tingkat Pengetahuan Dasar Masyarakat Tentang Instalasi Rumah Tinggal Di Kampung Condrorejo Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
Tagged with: [ , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets