”Media Pembelajaran Sistem Pengapian Konvensional”.

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: ”Media Pembelajaran Sistem Pengapian Konvensional”.

Redemptus Apriaman. 2006. Skripsi.Teknik mesin, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Motor bensin adalah salah satu jenis motor pembakaran dalam yang banyak digunakan untuk menggerakan atau sebagai sumber tenaga dari kendaraan darat, baik itu motor bensin 4 langkah atau 2 langkah. Sistem pengapian adalah salah satu sistem yang ada di dalam motor bensin yang menjamin agar motor dapat bekerja. Sistem pengapian harus dapat menghasilkan loncatan bunga api, saat menghasilkannya pun harus tepat, dan saat motor mengalami perubahan beban atau kecepatan, sistem pengapian harus bisa menyesuaikan sehingga motor dapat bekerja dengan sempurna. Karena begitu kompleksnya sistem pengapian, maka diperlukan suatu pemahaman tentang sistem pengapian secara mendalam, baik antara teori maupun praktik dengan media yang mudah dipahami. Maka penulisan laporan media pembelajaran sistem konvensional ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran sistem pengapian konvensional, cara kerja dengan media yang mudah dimengerti serta mengetahui dan mengatasi kerusakan pada sistem pengapian konvensional.

Media pembelajaran sistem pengapian konvensional memiliki konstruksi yang terdiri dari beberapa komponen diantaranya: baterai, kunci kontak, koil pengapian (ignition coil), distributor, kabel tegangan tinggi, busi, motor listrik, dimer dan tachometer dimana masing-masing komponen dirangkai dalam sebuah kotak. Sistem pengapian konvensional yang telah menaikan tegangan menjadi 10 KV yang nantinya akan diteruskan ke busi sesuai kebutuhan. Sedangkan gangguan yang sering terjadi pada sistem pengapian adalah Mesin sukar hidup pada saat dingin. Disebabkan koil pengapian (ignition coil) rusak, distributor rusak, busi kurang baik, kabel tegangan tinggi putus dan baterai lemah.
Untuk memperlama umur dari komponen sistem pengapian sehingga suatu mesin dapat bekerja secara baik, maka perlu diadakan pengecekan dan perawatan secara rutin dan berkala sehingga sistem pe ngapian tersebut dapat bekerja secara maksimum. Perbaikan dan penggantian komponen sistem pengapian hendaknya sesuai dengan petunjuk yang ada. Seperti halnya perbaikan dan penggantian busi, pemeriksaan dan penyetelan celah platina, perbaikan dan penggantian kabel busi.

Download

”Media Pembelajaran Sistem Pengapian Konvensional”., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets