”Metode Dekomposisi Untuk Forecasting Volume Penjualan Pertamax Tahun 2006 Pada SPBU Pamularsih Semarang”

This item was filled under [ Ilmu Komputer, Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Jurusan Statistika Terapan dan Komputasi : ”Metode Dekomposisi Untuk Forecasting Volume Penjualan Pertamax Tahun 2006 Pada SPBU Pamularsih Semarang”.

Siti Sulikah. 2005. Jurusan Statistika Terapan dan Komputasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang penting sekali perananannya dalam melakukan analisis pada ilmu ekonomi. Metode statistika sebagai salah satu cabang dari matematika terapan sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan diperusahaan-perusahaan, diantaranya adalah untuk keperluan forecasting (peramalan) penjualan. Kerja dengan forecasting akan jauh lebih baik dari pada tanpa forecast sama sekali. Metode dekomposisi merupakan salah satu metode ramalan, yang dalam penelitian ini digunakan sebagai metode dalam forecasting penjualan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode dekomposisi untuk forecasting volume penjualan pertamax dan bagaimana volume penjualan pertamax tahun 2006 pada SPBU Pamularsih Semarang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan metode dekomposisi untuk meramalkan penjualan pertamax pada SPBU Pamularsih Semarang dan untuk mengetahui besarnya volume penjualan pertamax tahun 2006 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi pada April 2005 di CV. BINA HIDUP Semarang. Data yang diambil adalah laporan penjualan bahan bakar pertamax, sejak bulan Januari 2002 sampai dengan bulan Desember 2004. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan metode dekomposisi untuk forecasting volume penjualan pertamax. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder.

Data yang berupa volume penjualan pertamax perbulan terlebih dahulu diubah menjadi kwartalan kemudian data kwartalan ini dibersihkan dari pengaruh trend kuartalan, pengaruh musiman atau indeks musim, indeks siklis dan random. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan metode dekomposisi, dari perhitungan diperoleh forecasting untuk bahan bakar pertamax pada tahun 2006 kwartal I sampai dengan IV berturut-turut sebesar 95300,34 liter, 91330,34 liter, 93148,59 liter dan 105103,59 liter.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini metode dekomposisi yang digunakan adalah trend dan musiman dan penjualan mengalami kenaikan pada tahun 2006 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.Saran yang diberikan adalah melakukan penelitian lebih lanjut tentang metode-metode forecasting yang lebih praktis dan efisien. Untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, maka seorang pimpinan perlu melakukan forecasting. Dengan melakukan forecasting akan dapat diketahui kenaikan dan penurunan volume penjualan.

Download

”Metode Dekomposisi Untuk Forecasting Volume Penjualan Pertamax Tahun 2006 Pada SPBU Pamularsih Semarang”, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets