”Pengaruh feeding terhadap tingkat kekasaran permukaan pada proses penyekrapan rata dengan spesimen baja karbon”

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: ”Pengaruh feeding terhadap tingkat kekasaran permukaan pada proses penyekrapan rata dengan spesimen baja karbon”

Bambang Ristanto, 2006.Skripsi.Teknik mesin, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Banyak hal yang berpengaruh terhadap hasil penyekrapan rata pada tingkat kekasaran hasil penyekrapan, diantaranya adalah feeding. Pemakaian standarisasi kecepatan potong dan feeding kemungkinan akan didapat hasil kerataan yang sesuai dapat diperoleh dan dibandingkan berapa feeding yang sesuai untuk menghasilkan permukaan yang halus, sehingga timbul permasalahan yaitu bagaimanakah pengaruh feeding terhadap tingkat kekasaran permukaan pada proses penyekrapan dengan spesimen baja karbon.

Pada proses penyekrapan rata dengan spesimen baja karbon dilakukan dengan variasi feeding yaitu 0,18 mm, 0,38 mm dan 0,58 mm, juga variasi spesimen yaitu baja karbon rendah dan baja karbon tinggi. Spesimen yang digunakan berjumlah 18 buah, yaitu baja karbon rendah 9 buah dan baja karbon tinggi 9 buah, berukuran 50 x 15 mm, variabel bebasnya adalah feeding itu sendiri. Pengukuran kekasaran permukaan dilakukan dengan menggunakan surface tester dan selanjutnya data yang diperoleh kita rata-rata. Data tersebut masing-masing dikelompokkan antara baja karbon rendah dan baja karbon tinggi, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan diagram batang.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan tingkat kekasaran yang signifikan pada permukaan baja karbon rendah maupun karbon tinggi pada proses penyekrapan tersebut. Semakin besar feeding yang digunakan semakin besar hasil pengukuran yang didapat atau semakin besar nilai kekasaran yang dihasilkan berarti permukaan semakin kasar. Kekasaran permukaan dapat juga dilihat pada hasil sayatan atau chip yang dihasilkan, pada baja karbon rendah semakin besar gerigi chip maka semakin kasar permukaan yang dihasilkan, dibarengi dengan perubahan warna. Sama halnya yang terjadi pada baja karbon tinggi, perubahan warnanya semakin mencolok.
Simpulan dari penelitian bahwa, ada pengaruh yang signifikan pada feeding terhadap tingkat kekasaran permukaan yaitu semakin besar feeding yang digunakan semakin besar pula nilai kekasaran yang dihasilkan. Saran, untuk penyelesaian finishing gunakanlah feeding di bawah standar, untuk roughing gunakan feeding di atas standar.

Download

”Pengaruh feeding terhadap tingkat kekasaran permukaan pada proses penyekrapan rata dengan spesimen baja karbon”, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets