This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Efektivitas Media Komik dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Geografi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SMPN I Pegandon Kabupaten Kendal),

Nur Mariyanah. 2005.Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasiyang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran.Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuatproses belajar menjadi menarik dan menyenangkan, dapat mengurangikesalahpahaman dan ketidakjelasan. Ada beberapa jenis media di antaranyaadalah media gambar dan media komik.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakahhasil belajar menggunakan media komik dan menggunakan media gambar padapembelajaran geografi pokok bahasan perhubungan dan pengangkutan pada siswakelas II SMPN I Pegandon? (2) seberapa besarkah efektivitas media komik danmedia gambar terhadap pencapaian prestasi belajar siswa pada pembelajarangeografi pokok bahasan perhubungan dan pengangkutan pada siswa kelas IISMPN I Pegandon? Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui efektivitasmedia komik dengan media gambar dalam pembelajaran geografi terhadappencapaian prestasi belajar, (2) untuk mengetahui hasil belajar menggunakanmedia komik dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasanperhubungan dan pengangkutan pada siswa kelas II SMP N I Pegandon.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SMP N IPegandon Kendal yang keseluruhan berjumlah 197 siswa. Sampel dalampenelitian ini yaitu pada kelas II1 sebagai kelompok media komik dan kelas II2sebagai kelompok media gambar yang diperoleh secara purposive sampling.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakanmedia gambar (x1) dan pembelajaran dengan menggunakan media gambar (x2).Analisis data menggunakan uji-t.Ha diterima yaitu terdapat keefektifan yang signifikan antara hasilpembelajaran menggunakan media komik dengan menggunakan media gambarpada pembelajaran geografi kelas II SMPN I Pegandon. Nilai rata-rata hasilbelajar pada kelompok media komik 8,12 sedangkan kelompok media gambar7,58, sehingga hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media komiklebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar.

Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajarenggunakan media komik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswayang menggunakan media gambar, media komik lebih efektif untuk mencapaiprestasi belajar geografi dibandingkan dengan media gambar pada siswa kelas IISMP N I Pegandon Kendal. Saran yang diajukan adalah diharapkan pada pokokbahasan tertentu dapat menggunakan komik strip dan komik buku.

Download

, 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets