Refleksi Psikosis dalam Cerpen Karya Guy de Maupassant

This item was filled under [ bahasa perancis ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan bahasa perancis: Refleksi Psikosis dalam Cerpen Karya Guy de Maupassant

Wijayanti, Novi. 2006. Skripsi bahasa perancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Karya Guy de Maupassant dalam cerpen Le Horla dan Qui Sait ? merupakan karya sastra yang menceritakan tentang penyakit psikosis (gangguan kejiwaan akut). Berawal dari riwayat hidup pengarang yang senantiasa dilanda ketakutan, kecemasan dan bayangan kegilaan serta pengalamannya sebagai penderita psikosis, maka Guy de Maupassant banyak mengangkat psikosis dalam karya yang dihasilkan terutama di akhir kehidupannya. Dalam karya sastra tersebut ada pengaruh psikosis pengarang terhadap karya sastra yang diciptakan. Berdasarkan hal inilah peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih lanjut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan tokoh utama dalam karya Guy de Maupassant dan fenomena psikosis yang terdapat di dalamnya serta menemukan hubungan antara gejala psikosis dalam karya Guy de Maupassant dengan psikosis yang diderita oleh Guy de Maupassant. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Korpus data penelitian ini adalah cerpen Le Horla dan Qui Sait?, riwayat kehidupan pengarang, dan psikosis yang melanda Guy de Maupassant. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data dan mendeskripsikan permasalahan yang ada dalam teks karya sastra tersebut.
Simpulan akhir penelitian ini adalah adanya kemiripan karakter, kepribadian, kebiasaan maupun status sosial tokoh utama dalam cerpen Le Horla dan Qui Sait serta hubungan psikosis Guy de Maupassant yang direfleksikan dalam cerpen Le Horla dan Qui Sait?. Potret psikosis dalam kedua cerpen tersebut merupakan potret psikosis pengarang. Latar kehidupan pengarang sebagai penderita psikosis berpengaruh dalam bentuk dan tema karyanya. Kenyataan ini semakin meneguhkan bahwa karya sastra berperan sebagai ekspresi pemikiran dan kejiwaan pengarang dalam menghasilkan karya sastra.

Download

Refleksi Psikosis dalam Cerpen Karya Guy de Maupassant, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets