Agresivitas Tokoh dalam Roman Thérèse Raquin Karya Emile Zola.

This item was filled under [ bahasa perancis ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan bahasa perancis: Agresivitas Tokoh dalam Roman Thérèse Raquin Karya Emile Zola.

Dirgantara, Relianedo Surya. 2007. Skripsi bahasa perncis, Fakultas bahsa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Agresi manusia atas sesamanya dalam berbagai bentuk tidak menunjukkan gejala mereda, tetapi cenderung meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan maraknya program-program acara di media cetak dan media elektronik yang menyuguhkan agresivitas manusia.

Agresivitas manusia yang ada dalam realitas kehidupan memungkinkan terrefleksikan dalam karya sastra. Hal ini dikarenakan karya sastra dapat dimasukkan
dalam konteks mimetis. Roman Thérèse Raquin karya Emile Zola merupakan roman naturalisme pertama yang menggambarkan agresivitas manusia. Roman ini merupakan gambaran pikiran Zola mengenai karakter manusia dalam kehidupan.
Berdasarkan hal tersebut, ada empat permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) bagaimanakah tipe-tipe agresivitas tokoh dalam roman Thérèse Raquin karya Emile Zola, (2) bagaimanakah faktor pencetus agresivitas tokoh dalam roman Thérèse Raquin karya Emile Zola, (3) bagaimanakah dampak agresivitas tokoh dalam roman Thérèse Raquin karya Emile Zola, dan (4) bagaimanakah wujud-wujud agresivitas tokoh dalam roman Thérèse Raquin karya Emile Zola.
Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu, pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra, sedangkan pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Data yang digunakan adalah teks dalam roman dalam roman Thérèse Raquin karya Emile Zola. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pustaka. Kemudian data dipilih dan dianalisis dengan tehnik Pilah Unsur Penentu (PUP).
Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah, (1) tipe agresi yang meliputi : (a) agresi antarjantan, (b) agresi ketakutan, (c) agresi tersinggung, dan (d) agresi instrumental, (2) Faktor pencetus agresi yang meliputi : (a) frustasi, (b) stres, (c) kekuasaan dan kepatuhan, (d) efek senjata, dan (e) provokasi, (3) dampak agresi yang meliputi : (a) depresi, (b) cidera, dan (c) kematian, (4) wujud agresi yang meliputi : (a) agresi di ruang publik yang meliputi : bullying dan pembunuhan terencana (murder), (b) kekerasan dalam rumah tangga yang meliputi : penganiayaan dan perlakuan yang tidak semestinya terhadap anak, penganiayaan dan penyiksaan terhadap pasangan, penganiayaan dan penelantaran orang lanjut usia, dan (c) agresi seksual yang meliputi : pelecehan seksual, (5) pendeskripsian agresivitas tokoh dalam roman Thérèse Raquin ini menunjukkan kepada kita bahwa agresivitas manusia hanya menimbulkan pengaruh yang negatif, (6) roman Thérèse Raquin menggambarkan tentang kesedihan hidup, membeberkan kekejian dan kesengsaraan manusia, dan (7) roman Thérèse Raquin merupakan gambaran pikiran Zola mengenai kehidupan manusia dalam bermasyarakat.
Penelitian ini mengambil objek agresivitas tokoh dalam roman Thérèse Raquin karya Emile Zola. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi kerangka acuan dalam memahami karakter manusia, khususnya agresivitas pada manusia, setiap manusia dapat mengendalikan sifat agresifnya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, memberikan kontribusi dalam menelaah karya sastra khususnya masalah agresivitas manusia. Penelitian ini masih dapat dikembangkan pada bidang sastra lain, misalnya pada roman lain yang berbobot, dengan kajian yang berbeda misalnya kajian mengenai nilai-nilai moral kemasyarakatan, yang berkaitan dengan agresivitas manusia.

Download

Agresivitas Tokoh dalam Roman Thérèse Raquin Karya Emile Zola., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets