AKTIVITAS POLITIK SJAHRIR DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN SEJARAH : AKTIVITAS POLITIK SJAHRIR DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Ganda Januarta . 2006. Skripsi.JURUSAN SEJARAH ,FAKULTAS ILMU SOSIAL , Universitas Negeri Semarang.

Sjahrir adalah salah satu tokoh pergerakan yang mengantarkan bangsa Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan. Perjalanan perjuangannya pada masa kolonial Belanda dan pendudukan Jepang telah ditempuh melalui jalan non-kooperasi yang cukup militan, bahkan melakukan suatu gerakan illegal sejak kedatangan Jepang di Indonesia hingga menjelang kemerdekaan. Melalui diplomasi/perundingan untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari dunia internasional.

Permasalahan yang dikaji dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana latar belakang kehidupan Sjahrir, (2) Bagaimana kiprah/perjuangan Sjahrir pada masa penjajahan Belanda dan pada masa pendudukan Jepang, (3) bagaimana kegiatan politik Sjahrir pada awal kemerdekaan Indonesia. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) Menjelaskan latar belakang kehidupan Sjahrir dari kecil hingga dewasa, pendidikannya, dan organisasi sosial politiknya, (2) Menjelaskan kiprah/perjuangan Sjahrir pada masa penjajahan Belanda dan pada masa pendudukan Jepang, (3) menjelaskan kegiatan politik Sjahrir pada awal kemerdekaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, dengan langkah-langkah: heuristik, kritik, interpretasi dan penulisan secara kronologis dan tematis (historiografi).
Dari hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) sosok Sjahrir ialah seorang pemimpin perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia berasal dari Minangkabau, sebuah wilayah yang terkenal dengan rantau. Hal ini terbukti, bahwa Sjahrir beranjak dari masa kecil menuju kedewasaan melalui berbagai kebudayaan, diantaranya kebudayaan Sumatra, Jawa, jajahan Belanda, kota besar Belanda dan penjara serta tempat pengasingan. Begitu juga dengan pendidikannya yang ia dapatkan dari suatu daerah ke daerah lain pun dijalaninya (Medan, Bandung hingga Belanda). Kehidupan rantaunya, pendidikannya dan berbagai pengalaman yang diperolehnya telah mengantarkannya pada kedudukan puncaknya yaitu melalui organisasi perhimpunan Indonesia dan Partai Nasional Indonesia. (2) Kiprah politik Sjahrir di masa penjajahan Belanda dan di masa pendudukan Jepang merupakan perjuangan Sjahrir dalam menghadapi Belanda (kolonialisme dan impereialisme) dan dalam menghadapi Jepang (fasisme).
Dalam melaksanakan perjuangan melawan Belanda dan Jepang, Sjahrir menggunakan taktik/strategi perjuangan non-kooperasi. Dalam merealisasikan perjuangannya, ia membentuk suatu organisasi (PNI-Baru) dan membuat sebuah jaringan gerakan bawah tanah untuk melawan dan mengusir penjajah demi mewujudkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. (3) strategi perjuangan Sjahrir mengalami perubahan. Sikap non-kooperasi sedikit demi sedikit mulai ixditinggalkan dan berbalik kooperasi dengan pihak lawan. Sjahrir telah menentukan kebijakan politiknya dengan mengambil jalan diplomasi. Ia merasa bahwa dengan kekerasan dan senjata bangsa Indonesia tidak mampu menandingi kekuatan lawan yang telah menggunakan taktik, strategi dan teknik serta persenjataan modern.
Diplomasi merupakan kunci bagi kelangsungan hidup negara Republik Indonesia. Melalui diplomasi, Sjahrir telah melaksanakan berbagai perundingan dengan pihak lawan (Belanda), hingga tercapai persetujuan Linggarjati yang populer itu. Persetujuan tersebut yang telah mengantarkan bangsa Indonesia pada suatu pengakuan kedaulatan dari dunia internasional.

Download

AKTIVITAS POLITIK SJAHRIR DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets