Akuntansi Penerimaan Dana dan Pengelolaan Dana pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Blora

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Akuntansi: Akuntansi Penerimaan Dana dan Pengelolaan Dana pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Blora

Farida Sunaryo. 2007.Skripsi akuntansi, Fakultas Ilmu Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Lembaga keuangan bank merupakan suatu lembaga perantara keuangan(financial intermediaries) dari penabung (lender) kepada peminjam (borrowers).Akuntansi pada bank sangat berbeda dengan sistem akuntansi pada perusahaandagang maupun perusahaan manufaktur. Akuntansi bank dituntut untuk lebihlengkap dan lebih teratur dalam mengelola manajemen dan akuntansi perusahaanagar nasabah dapat dilayani secara efektif dan efisien.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitianadalah data primer dan data sekunder. Data yang dikumpulkan disajikan dandianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa sumber utama dana yangdiperoleh PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Bloraberasal dari simpanan masyarakat (giro, tabungan, dan deposito), Traveller Chequesdalam valuta rupiah, surat berharga yang diterbitkan, pinjaman yang diterima,kewajiban lain-lain, pinjaman subordinasi, modal pinjaman, dan modal bank.
Pengelolaan dana yang utama adalah pemberian kredit, terutama untuk membantumasyarakat ekonomi menengah bawah dalam bentuk Kredit Usaha Kecil (KUK), danlain-lain. Catatan akuntansi yang digunakan adalah bukti transaksi, buku harian,buku besar (ledger), neraca saldo (trial balance), adjustment, worksheet (neracalajur), dan financial reporting. Dokumen yang digunakan adalah slip setorantabungan, slip penarikan tabungan, slip untuk giro, slip untuk deposito berjangka,slip pengiriman uang, bukti-bukti dan dokumen pemberian kredit, jurnal danrekapitulasi harian.
PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Blora sebagaibank umum pemerintah, di mana seluruh modalnya berasal dari kekayaan negarayang dipisahkan. Sumber utama dananya berasal dari simpanan masyarakat, terutamagiro, tabungan, dan deposito, serta pemberian kredit jangka pendek dalam penyalurandananya telah memiliki akuntansi penerimaan dana dan pengelolaan dana yangterkontrol. Suatu sistem dikatakan baik apabila sistem tersebut memadai danpelaksanaannya tidak menyimpang, baik buruknya suatu sistem tergantung dari duahal yaitu sistem itu sendiri dan pelaksanaannya.

Download

Akuntansi Penerimaan Dana dan Pengelolaan Dana pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Blora, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets