Algoritma Enkripsi One Time Pad Untuk Sistem Pengamanan Access Database Server Menggunakan Bahasa PemprogramanVisual Basic

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan Matematika: Algoritma Enkripsi One Time Pad Untuk Sistem Pengamanan Access Database Server Menggunakan Bahasa PemprogramanVisual Basic

Amelia Duwi Astutik. 2007. Skripsi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Seperti kita ketahui bahwa access database server dengan menggunakanbahasa pemrograman Visual Basic saat ini banyak digunakan dalam kehidupansehari-hari. Akan tetapi selama ini penggunaan database access belum pernah diberiengamanan data. Ini berarti bahwa setiap orang dapat dengan mudahnya melihatinformasi yang ada di dalamnya. Untuk itu agar datanya tidak diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan, kita harus berusaha menyiasati cara mengamankaninformasi yang dimiliki. Perlindungan terhadap kerahasiaan data sekarang inisemakin meningkat, salah satu caranya dengan dengan penyandian data atau enkripsi.

Pada penulisan skripsi ini, penyandian data dibuat dengan menggunakanalgoritma One Time Pad (OTP) yang terkenal sederhana dan ‘unbreakable’, untuksistem pengamanan access database server pada bahasa pemprograman Visual Basic,khususnya untuk database MIPA Connect Universitas Negeri Semarang.
Prinsip enkripsi pada algoritma OTP ini adalah dengan mengkombinasikanmasing-masing karakter pada plainteks dengan satu karakter pada kunci. Oleh karenaitu, panjang kunci setidaknya harus sama dengan panjang plainteks. Untukmembangkitkan aliran kunci, dilakukan proses linear feedback shift register (LFSR)atau yang biasa disebut register geser dengan umpan balik linier. Bit-bit keluaranproses LFSR digunakan sebagai kunci baru proses enkripsi dekripsi. Fungsi untukmengenkrip pada algoritma OTP hanyalah meng-XOR-kan plainteks dengan kunciyang telah disiapkan untuk menghasilkan cipherteks. Sedangkan fungsi untukmendekrip tinggal meng-XOR-kan cipherteks dengan kunci yang sudah disepakati.

Download

Algoritma Enkripsi One Time Pad Untuk Sistem Pengamanan Access Database Server Menggunakan Bahasa PemprogramanVisual Basic, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets