Analisis Biaya Pemasaran dan Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk pada PT. Tirta Eka Perkasa Semarang

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Analisis Biaya Pemasaran dan Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk pada PT. Tirta Eka Perkasa Semarang

Herawati. 2005.. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Biaya pemasaran yang di keluarkan mempengaruhi besarnya profitabilitas yang didapat oleh perusahaan. Biaya pemasaran yang dapat dikelola dengan baik akanmemberikan profitabilitas yang tinggi bagi perusahaan. Kenyataannnya pada PT.Tirta Eka Perkasa Semarang ini profitabilitas yang didapat oleh perusahaan belummaksimal, hal ini dapat dilihat bahwa produk dalam kemasan cup belumemberikan keuntungan bagi perusahaan, sehingga laba perusahaan relatif kecil.

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah Seberapa besar biayapemasaran yang dikeluarkan pada tahun 2002 sampai 2004 serta bagaimanapengalokasian biaya pemasaran tersebut ke dalam tiap jenis produk dan Seberapabesar profitabilitas yang yang didapat dari tiap jenis produk. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui biaya pemasaran yang dikeluarkan perusahaan daritahun 2002 sampai 2004, serta mengalokasikan biaya pemasaran tersebut kedalam tiap jenis produk dan untuk mengetahui seberapa besar profitabilitas setiapjenis produk.

Objek kajian penelitian ini adalah biaya pemasaran dan profitabilitas tahun2002 – 2004, dimana PT. Tirta Eka Perkasa sebagai objek penelitian. Ada 2 (dua)variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu biaya pemasaran tahun 2002-2004, dan profitabilitas berdasarkan jenis produk dalam kemasan tahun 2002-2004. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi,wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tekhnikdiskrpitif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya pemasaran pada PT. Tirta EkaPerkasa Semarang dari tahun 2002 ke 2003 mengalami kenaikan. Kenaikan biayapemasaran dari tahun 2002 ke 2003 sebesar 27%, dengan kenaikan biaya iniperusahaan mengalami penurunan laba sebesar 57%. Tahun 2003 ke 2004 biayapemasaran mengalami penurunan sebesar 23% dan mengakibatkan kenaikan labasebesar 1,6%.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa biayapemasaran pada PT. Tirta Eka Perkasa Semarang tahun 2003 belum dikeloladengan baik. Hal ini dapat dilihat bahwa dengan kenaikan biaya sebesar 27%menyebabkan penurunan laba sebesar 57%. Profitabilitas berdasarkan jenisproduk dalam kemasan menunnjukkan bahwa setiap tahun produk dalam kemasancup selalu mengalami kerugian, sedangkan produk dalam kemasan galon selalumenghasilkan laba bagi perusahaan. Dengan keadaan seperti ini maka labakeseluruhan perusahaan semakin kecil. Hasil penelitian ini diharapkan dapatbermanfaat bagi perusahaan. Perusahaan diharapkan dapat mencermati biayapemasaran yang telah dikeluarkan untuk memaksimalkan laba yang didapatberdasarkan jenis produk dalam kemasan dari tahun ke tahun serta berusahamencarikan solusi yang terbaik kepada produk agar lebih baik dari segi kualitasmaupun desain dengan cara mengadakan penelitian kualitas produk maupun risetpangsa pasar.

Download

Analisis Biaya Pemasaran dan Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk pada PT. Tirta Eka Perkasa Semarang, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets