Analisis Distribusi Tekanan Fluida Cair Yang Melalui Elbow 900 Dengan Variasi Jari-Jari Kelengkungan Dan Kapasitas Aliran Fluida,

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi teknik mesin: Analisis Distribusi Tekanan Fluida Cair Yang Melalui Elbow 900 Dengan Variasi Jari-Jari Kelengkungan Dan Kapasitas Aliran Fluida,

Anggun Nugroho, 2006, skripsi teknik mesin , Fakultas teknnik, Universitas Negeri Semarang.

Penggunaan pipa dalam suatu sistem saluran fluida banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Efisiensi dari suatu sistem saluran akan tercapai maksimal apabila desain atau perancangan sistem saluranya dilakukan dengan cermat dan tepat. Perancangan ini meliputi penentuan diameter pipa, posisi pipa, penggunaan sambungan-sambungan dan belokan (elbow).
Dalam perencanaan suatu sistem aliran, sulit dihindari adanya suatu belokan (elbow). Adanya elbow dalam suatu saluran akan menyebabkan terjadinya kerugian tekanan pada aliran. Hal tersebut dikarenakan oleh perubahan arah aliran fluida yang melalui saluran tersebut. Besar kecilnya kerugian tekanan yang terjadi pada aliran yang melalui elbow tersebut dipengaruhi oleh besarnya jari-jari kelengkungan dan sudut belok dari elbow itu sendiri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh variasi jari-jari kelengkungan dan kapasitas aliran terhadap distribusi tekanan dan kerugian tekanan yang dialami fluida cair yang melalui elbow 90o.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi jari-jari kelengkungan dan kapasitas aliran terhadap distribusi tekanan dan kerugian tekanan yang dialami fluida cair yang melalui elbow 90o
.
Seksi uji dalam penelitian ini adalah elbow yang terbuat dari bahan resin yang di cor dengan jari-jari kelengkungan 80 mm dan 120 mm. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jari-jari kelengkungan dan kapasitas aliran fluida yang diberikan, sedangkan variabel terikatnya adalah tekanan fluida, kecepatan aliran dan losses yang terjadi. Untuk memudahkan dalam analisa, maka peneliti membagi elbow tersebut dalam tiga daerah pengukuran yaiu daerah jari-jari elbow yang besar, jari-jari tengah, dan daerah jari-jari elbow yang kecil.Untuk mendapatkan data-data penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen, selanjutnya hasil eksperimen tersebut diolah dengan rumus-rumus yang relevan, kemudian dianalisis dengan memberikan penjelasan secara diskriptif.
Hasil penelitian diperoleh dari penjelasan secara diskriptif pada distribusi tekanan dan losses yang terjadi pada kedua seksi uji. Tekanan yang terbesar terjadi pada daerah jari-jari elbow yang besar. Besarnya tekanan yang terjadi pada elbow dengan jari-jari kelengkungan 80 mm lebih kecil dari pada tekanan yang terjadi pada elbow dengan jari-jari kelengkungan 120 mm. Kerugian tekanan (losses) yang terjadi pada aliran yang melalui elbow dengan jari-jari kelengkungan 80 mm lebih besar daripada kerugian tekanan (losses) yang terjadi pada aliran yang melalui elbow dengan jari-jari kelengkungan 120 mm. Untuk mengurangi kerugian tekanan yang terjadi pada aliran yang melalui sebuah elbow sebaiknya menggunakan elbow dengan jari-jari kelengkungan yang lebih besar, karena dapat mengurangi kerugian tekanan yang terjadi.

Download

Analisis Distribusi Tekanan Fluida Cair Yang Melalui Elbow 900 Dengan Variasi Jari-Jari Kelengkungan Dan Kapasitas Aliran Fluida,, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets