Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)” Harapan “ Kecamatan Gemuh Kababupaten Kendal tahun 2001-2003.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)” Harapan “ Kecamatan Gemuh Kababupaten Kendal tahun 2001-2003.

Patoyah, Sri. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam rangka mencapai tujuannya koperasi selalu berjuang untuk dapat bekerjasecara efisien, sehingga setiap biaya yang dikeluarkan di bidang organisasi harusdapat ditutup oleh penghasilan koperasi sebagai perusahaan.(Hendar dkk, 1999 :38). Salah satu faktor yang diperhitungkan dalam pengukuran efisiensi koperasiadalah modal kerja, sebab modal kerja adalah modal yang selalu berputar dalamkoperasi dan setiap perputaran akan menghasilkan aliran pendapatan (currentincome) yang dapat berguna bagi koperasi. Pemasalahan pada KPRI “Harapan”Gemuh Kabupaten Kendal adalah : satu seberapa besar tingkat rasio likuiditasnya,dua seberapa besar tingkat rasio aktivitasnya, tiga seberapa besar tingkatefektivitas penggunaan modal kerja dalam menghasilkan laba (rasio rentabilitas),empat apakah sudah efisien penggunaan modal kerjanya dibanding dengan standarpengukuran yang telah ditetapkan. Tujuannya untuk mengukur tingkat rasiolikuiditas, mengukur tingkat rasio aktivitasnya, mengukur tingkat efektivitaspenggunaan modal kerja dalam menghasilkan laba (rasio rentabilitas) danmengukur sudah efisien atau belum penggunaan modal kerja dibandingkandengan standar pengukuran yang telah ditetapkan. Dalam penelitian inidiharapkan berguna bagi dunia perkoperasian khususnya KPRI “Harapan” Gemuhkabupaten Kendal, bagi penulis dan dunia pendidikan.

Penelitian ini merupakan studi kasus dengan lokasi penelitian pada KPRI“Harapan” Gemuh Kabupaten Kendal dan objek yang diteliti adalah efisiensipenggunaan modal kerja. Metode pengumpulan data yang dipakai adalahdokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakanadalah metode diskriptif dengan analisis rasio likuiditas, rasio aktivitas dan rasiorentabilitas. Hasil analisis yang diperoleh dibandingkan dengan standarpengukuran yang telah ditetapkan.

Pada KPRI “Harapan” Gemuh kabupaten kendal analisis rasio likuiditasdiperoleh hasil perhitungan : rasio lancar tahun 2001 adalah 486,77 % (kurangbaik), tahun 2002 adalah 282,18 % (kurang baik) dan untuk tahun 2003 adalah239 % (Baik); rasio cepat tahun 2001 adalah 450,52 % (kurang baik),tahun 2002adalah 184,84 % (kurang baik) dan untuk tahun 2003 adalah 142,89 % (Baik).

Analisis rasio aktivitas diperoleh hasil perhitungan : tingkat perputaran piutangtahun 2001 adalah 0,65 kali (kurang efisien), tahun 2002 adalah 0,63 kali (kurangefisien) dan untuk tahun 2003 adalah 0,57 kali (kurang efisien); tingkat perputaranpersediaan tahun 2001 adalah 5,16 kali (cukup efisien), tahun 2002 adalah 4,71kali (cukup efisien) dan unuk tahun 2003 adalah 4,39 kali (cukup efisien); tingkatperputaran modal kerja tahun 2001 adalah 0,73 kali (cukup efisien), tahun 2002adalah 0,68 kali (cukup efisien) dan untuk tahun 2003 adalah 0,58 kali (cukupefisien). Dan untuk analisis rasio rentabilitas diperoleh hasil perhitungan : rasiolaba bersih sebelum pajak dengan total aktiva tahun 2001 adalah 2,53 % (cukupefisien), tahun 2002 adalah 3,67 % (cukup efisien) dan untuk tahun 2003 adalah0,71 % (cukup efisien); rentabilitas modal sendiri tahun 2001 adalah 3,62 %(cukup efisien),tahun 2002 adalah 6,68 % (cukup efisien) dan untuk tahun 2003adalah 1,41 % (cukup efisien). Pengelolaan modal kerja dan unsur-unsurnyakurang efisien, hal ini disebabkan sebagian besar kegiatan usahanya adalahperkreditan dan penagihannya bersifat lunak yang menyebabkan adanyapenunggakan piutang dari tahun ketahun dan belum dikelola secara terpadu untukpenghematan biaya.

Simpulan dari penelitian ini bahwa tingkat efisiensi penggunaan modalkerja KPRI “Harapan” Gemuh Kabupaten Kendal tahun 2001-2003 biladibandingkan dengan standar pengukuran yang telah ditetapkan adalah : satu rasiolikuiditasnya kurang baik; rasio aktivitasnya adalah cukup efisien dan dari rasiorentabilitasnya adalah cukup efisien. Atas hasil penelitian disarankan agarpengelolaan modal kerja KPRI “Harapan” Gemuh Kabupaten Kendal diadakanpembaharuan dalam manajemen modal kerja yaitu dengan meningkatkanefektivitas dalam penagihan piutang, terutama piutang yang sudah menunggakatau telah jatuh tempo. Selain itu koperasi juga dapat mengurangi biayaoperasional yang kurang perlu untuk mendapatkan sisa hasil usaha yang lebihmaksimal.

Download

Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)” Harapan “ Kecamatan Gemuh Kababupaten Kendal tahun 2001-2003., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets