Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada KPRI Kantor Departemen Agama Kabupaten Kudus

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: “Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada KPRI Kantor Departemen Agama Kabupaten Kudus

Kusuma wardhani.S, 2005. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Tujuan pendirian koperasi adalah mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Meskipun demikian, sebagai badan usaha koperasi tetap bertujuan mencari laba. Dari kegiatan usahanya, koperasi akan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dianalisis. Dari hasil analisis, kita dapat mengetahui efisiensi penggunaan modal kerja di KPRI Kandepag. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat rasio likuiditas, aktivitas, rentabilitas dan efisiensi penggunaan modal kerja di KPRI Kandepag Kabupaten Kudus ?. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengukur rasio likuiditas, Untuk mengukur tingkat rasio aktivitas, Untuk mengukur tingkat efektivitas penggunaan modal kerja (rasio rentabilitas) KPRI KANDEPAG Kabupaten Kudus.
Obyek penelitian ini adalah KPRI KANDEPAG Kabupaten Kudus.Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi,studi pustaka dan wawancara.Data yang telah terkumpul kemudian disajikan secara diskriptif kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan analisis kuantitatif selanjutnya disusun secara sistematis kedalam tugas akhir.
Setelah diadakan analisis efisiensi modal kerja KPRI KANDEPAG Kabupaten Kudus diperoleh hasil Current Ratio tahun 2002 adalah 146,31; tahun 2003 adalah 141.89; tahun 2004 adalah 130,88. Ratio cepat tahun 2002 adalah 41,9%; tahun 2003 adalah 38,38%; tahun 2004 adalah 27,49%. Ratio Aktivitas : periode perputaran piutang tahun 2002 adalah 41 bulan; tahun 2003 adalah 42 bulan; tahun 2004 adalah 37 bulan. Perputaran modal kerja serta periode perputarannya tahun 2002 adalah0,73 kali; tahun 2003 adalah 0,72 kali; tahun 2004 adalah 0,79 kali. Rentabilitas modal kerja tahun 2002 adalah 7,38; tahun 2003 adalah 14,17; tahun 2004 adalah 17,1.
Simpulan dari penelitian ini bahwa tingkat efisiensi penggunaan modal kerja KPRI KANDEPAG Kabupaten Kudus tahun 2002-2004 bila dibandingkan dengan standar pengukuran yang telah ditetapkan adalah : satu rasio likuiditasnya tidak efisien; rasio aktivitasnya adalah cukup efisien dan rasio rentabilitasnya adalah cukup efisien. Atas hasil penelitian disarankan agar pengelolaan modal kerja KPRI KANDEPAG Kabupaten Kudus diadakan pembaharuan dalam manajemen modal kerja yaitu dengan meningkatkan efektivitas dalam penagihan piutang, terutama piutang yang jatuh tempo. Selain itu koperasi juga dapat mengurangi biaya operasional yang kurang perlu untuk mendapatkan sisa hasil usaha yang lebih maksimal.

Download

Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada KPRI Kantor Departemen Agama Kabupaten Kudus, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets