ANALISIS ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK PRODUKMINYAK PELUMAS MOTOR MEREK ENDURO 4T(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan MANAJEMEN: ANALISIS ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK PRODUKMINYAK PELUMAS MOTOR MEREK ENDURO 4T(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)

KARTONO. 2006. Skripsi JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Dengan semakin banyaknya jumlah pesaing di pasar, meningkat pulaketajaman persaingan di antara merek-merek yang beroperasi di pasar dan hanyamerek yang memiliki ekuitas merek yang kuat yang akan tetap mampu bersaing,merebut, dan menguasai pasar. Karena itu, pengetahuan tentang elemen-elemenekuitas merek dan pengukurannya sangat diperlukan untuk menyusun langkahstrategis dalam meningkatkan eksistensi merek yang akhirnya dapat meningkatkanprofitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakekuatan ekuitas merek pelumas merek Enduro 4T dilihat dari variabel kesadaranmerek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa UNNES yangmenggunakan pelumas Enduro 4T. Sampel yang diambil sebanyak 100 respondensecara accidental sampling. Variabel yang diteliti meliputi 4 elemen utama ekuitasmerek, yaitu kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation),persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty). Datadiperoleh dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan analisisdeskripsi data. Terhadap data kesadaran merek dilakukan perhitungan prosentase,terhadap data asosiasi merek dilakukan uji Cochran, sedangkan terhadap data persepsikualitas dan loyalitas merek dilakukan penghitungan rata-rata (means).
Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek pelumasEnduro 4T menempati posisi kedua dalam top of mind, posisi teratas dalam brandrecall, dan brand recognition sebesar 2%. Asosiasi yang terkait dengan pelumasmerek Enduro 4T adalah Pelumas produk Pertamina, pelumas yang kualitasnya teruji,pelumas yang tahan lama, pelumas anti slip kopling dan pelumas yang mudahdidapatkan saat membeli. Persepsi kualitas pelumas Enduro 4T memiliki tingkatperformance (3,93) lebih rendah dari pada tingkat importance (4,13). Pada loyalitasmerek tingkatan switcher sampai liking the brand masuk kategori baik tetapi untuktingkatan committed buyer, masuk kategori kurang baik karena konsumen Enduro 4Tmasih kadang-kadang menyarankan dan mempromosikan pelumas merek Enduro 4T(2,98).

Download

ANALISIS ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK PRODUKMINYAK PELUMAS MOTOR MEREK ENDURO 4T(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang), 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets