ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN DAN TERDAFTAR DI BEJ TAHUN 2003-2005

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Akuntansi: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN DAN TERDAFTAR DI BEJ TAHUN 2003-2005

FARIH RAHMAN HAKIM. 2007, Skripsi. Jurusan Akuntansi,FAKULTAS EKONOMI,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Kebijakan deviden bersangkutan dengan penentuan pembagian pendapatan antara penggunaan pendapatan untuk dibayarkan kepada para pemegang saham sebagai deviden atau untuk digunakan di dalam perusahaan. Terdapat beberapa kontroversi tentang penentuan besarnya deviden yang dibayarkan. Pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ di tahun 2002 diperoleh fakta bahwa banyak perusahaan yang tidak membagikan deviden pada tahun tersebut. Sedangkan rasio deviden yang dibagikan pada tahun tersebut sangat bervariatif sekali. Berasal dari fenomena dan kontroversi teori yang diungkapkan diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kebijakan deviden.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cash position, profitability, firm size, debt to equity ratio dan devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005?. (2) Bagaimana pengaruh cash position, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara simultan terhadap devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005?.
(3)Bagaimana pengaruh cash position, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara parsial terhadap devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005?.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan populasi perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005 berjumlah 30 perusahaan. Adapun variabel dependen dari penelitian ini adalah dividend payout ratio dan variabel independent dalam penelitian ini adalah cash position, profitability, firm size dan debt equity ratio.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel devidend payout ratio. Secara parsial variabel cash posisition dan profitability berpengaruh secara signifikan terhadap variabel devidend payout ratio.
Sedangkan variabel firm size dan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel devidend payout ratio. Secara bersama-sama variabel cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio memberikan sumbangan 21,8% dalam menjelaskan dividend payout ratio, sedangkan sisanya sebesar 78,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model. Dari hasil tersebut maka manajemen dapat memperhatikan faktor cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio sebagai prediksi untuk menentukan kebijakan deviden.

Download

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN DAN TERDAFTAR DI BEJ TAHUN 2003-2005 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets