Analisis Forecasting Volume Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang Magelang dengan Metode Analisis Runtun Waktu Tahun 2006.

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi matematika : Analisis Forecasting Volume Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang Magelang dengan Metode Analisis Runtun Waktu Tahun 2006.

DWI PUJI ASTUTI, 2005,skripsi matematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Peramalan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan, sebab efektif atau tidaknya suatu keputusan tergantung pada beberapa faktor yang tidak dapat dilihat pada waktu keputusan itu diambil. Metode peramalan yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis runtun waktu Box-Jenkins, yakni konsep stasioner dan tidak stasioner, konsep dan cara hitung autokovariansi, autokorelasi, autokorelasi parsial dan operator Backshiff serta operator diferensi. Model linier khusus proses stasioner nya yakni AR, MA dan ARMA. Model ARIMA merupakan model linier untuk proses nonstasioner yang memanfaatkan data masa lalu dan data sekarang.

Permasalahan pada skripsi ini adalah bentuk model runtun waktu apa yang tepat pada data penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang dengan bantuan program Minitab dan bagaimana hasil peramalan model tersebut dengan bantuan program Minitab untuk bulan Juni 2005 sampai Desember 2006. Tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk mengetahui bentuk model runtun waktu apa yang tepat pada data penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang dengan bantuan program Minitab dan mengetahui bagaimana hasil peramalan model tersebut untuk bulan Juni 2005 sampai Desember 2006.

Metode penelitian yang digunakan ada 2 (dua) yakni metode pengumpulan data dan metode analisis data. Pada metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, metode wawancara, metode observasi dan metode studi pustaka. Pada analisis data dilakukan pengkajian data dan pemecahan masalah.

Proses peramalan volume penjualan di PT. Industri Sandang Nusantara dilakukan dengan mengambil data sebanyak 65 dari bulan Januari 2000 sampai dengan Mei 2005. Pada penjualan Benten Cotton hasil peramalan didapat pada data selisih 1, penjualan Benten WO data telah stasioner dan diambil model yang lebih sederhana, penjualan Kain pada data asli masih terlihat data belum stasioner karena terlihat kelinieran pada beberapa lag sehingga diperlukan data selisih pertama atau selisih kedua.

Dari proses peramalan menggunakan analisis runtun waktu dan berbantu program Minitab diperoleh model yang sesuai untuk masing-masing produk yaitu penjualan Benten Cotton yaitu ARIMA (1, 1, 1), Benten WO yaitu ARMA (1, 1) dan Kain yaitu ARIMA (1, 1, 1). Hasil peramalan jumlah penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang Magelang untuk bulan Oktober 2005 untuk masing-masing jumlah penjualan adalah Benten Cotton sejumlah 1590.22, Benten WO sejumlah 4654.50 dan Kain sejumlah 1760.96. Metode ini disarankan dalam menentukan model runtun waktu hendaknya memperhatikan Fak, Fakp, dan Trend data dan dalam penyelesaiannya dapat digunakan program Minitab.

Download

Analisis Forecasting Volume Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang Magelang dengan Metode Analisis Runtun Waktu Tahun 2006., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets