ANALISIS KORELASI RANK KENDALL DAN APLIKASINYA DENGAN PROGRAM SPSS

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika : ANALISIS KORELASI RANK KENDALL DAN APLIKASINYA DENGAN PROGRAM SPSS

Khusnul Khotimah, 2007. Skripsi. JURUSAN Matematika , FAKULTAS MIPA,SEMARANG STATE UNIVERSITY 2007

Bagi kebanyakan orang, statistika dianggap suatu ilmu yang ruwet, penuh dengan rumus-rumus yang rumit dan diperlukan ketelitian serta ketepatan dalam menghitungnya. Namun, seiring dengan kemajuan pesat di bidang komputer, muncul berbagai program komputer yang dibuat khusus untuk membantu pengolahan data statistik. Pengolahan data statistik menjadi jauh lebih mudah tanpa mengurangi ketepatan hasil outputnya. SPSS adalah suatu program komputer statistik yang mampu untuk memproses data statistik secara cepat dan tepat, menjadi berbagai output yang dikehendaki para pengambil keputusan. Pada dasarnya uji statistik meliputi dua kegiatan, yakni uji beda dan uji asosiasi. Uji beda ingin mengetahui apakah ada perbedaan yang jelas antara rata-rata beberapa sampel, alat uji yang digunakan beragam, seperti uji t, uji F (Anava), dan uji z.

Untuk uji asosiasi pada dasarnya ingin mengetahui apakah diantara dua variabel terdapat hubungan yang signifikan, alat uji yang digunakan meliputi analisis korelasi dan analisis regresi. Analisis korelasi rank Kendall digunakan untuk mencari hubungan dan menguji hipotesis antara dua variabel atau lebih, bila datanya berbentuk ordinal atau rangking.
Pada perkuliahan, koefisien korelasi rank Kendall belum dipelajari secara mendalam. Oleh karena itu, materi koefisien korelasi rank Kendall diambil sebagai tugas akhir dalam masa perkuliahan. Permasalahan yang ada mengenai analisis korelasi rank Kendall adalah bagaimana metode analisis korelasi berdasarkan rank Kendall dan bagaimana perbandingan aplikasi analisis korelasi berdasarkan rank Kendall dan analisis korelasi Pearson untuk data interval dengan menggunakan program SPSS.
Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah metode literatur (studi pustaka) yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber pustaka yang dapat mendukung penulisan tugas akhir ini. Analisis data yang dilakukan merupakan usaha untuk mendapatkan penyelesaian permasalahan metode pengolah data analisis korelasi rank Kendall dengan menggunakan program SPSS. Dalam uji hipotesis menggunakan analisis korelasi rank Kendall langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan rumusan hipotesis dari data kemudian menentukan statistik uji yang digunakan setelah itu dilanjutkan dengan menentukan kriteria uji dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan uraian yang ada dalam bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa analisis korelasi rank Kendall digunakan untuk data sekurang-kurangnya berskala ordinal dan perubahan data pada nilai maksimum atau minimum tidak berpengaruh pada kesimpulan akhir untuk analisis korelasi berdasarkan rank Kendall tetapi berpengaruh pada kesimpulan akhir untuk analisis korelasi Pearson. Jika data berskala interval atau rasio, maka lebih dianjurkan menggunakan metode parametrik. Sedangkan jika data berskala nominal atau ordinal, maka lebih dianjurkan menggunakan metode nonparametrik.

Download

ANALISIS KORELASI RANK KENDALL DAN APLIKASINYA DENGAN PROGRAM SPSS, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “ANALISIS KORELASI RANK KENDALL DAN APLIKASINYA DENGAN PROGRAM SPSS”

  • eena
    6 September, 2011, 14:51

    gag ada file nya.. :(

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets