ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Akuntansi: ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG

WISNU ADI HIDAYAT , 2006, Skripsi,JURUSAN Akuntansi , FAKULTAS Ekonomi UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2006

UMKM masih belum dapat mewujudkan kemampuan dan perannya secara optimal dalam perekonomian nasional. Hal ini disebabkan UMKM masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala, baik yang berisfat eksternal maupun internal, dalam bidang produksi dan pengolahan, pemasaran, permodalan, sumber daya manusia dan teknologi, serta iklim usaha yang belum mendukung bagi perkembangnya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kredit macet dan ingin mengetahui seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi kredit macet di Sentra Konveksi Ulujami Pemalang.

Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM konveksi Ulujami Pemalang yang yaitu sejumlah 97 UMKM dan semua UMKM yang mengalami kredit macet dijadikan unit analisis dalam penelitian ini. Data ditekankan pengumpulannya melalui metode angket, kemudian dilakukan uji validitas, reliabilitas, analisis deskripsi dan analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari 38 indikator, terbentuk 11 faktor inti dan mampu menjelaskan sebesar 75,167% yang berpengaruh terhadap antisipasi kredit macet dan sisanya sebesar 24,837% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; 7) faktor yang paling berpengaruh terhadap antisipasi kredit macet adalah faktor pemasaran dan persaingan, dan yang paling kecil pengaruhnya adalah faktor pendapatan.
Kredit yang diberikan kepada UMKM agar tidak macat disarankan: 1) agar tidak terjadi kredit macet, pemerintah membantu pengusaha konveksi di Sentara Konveksi Ulujami dengan cara menyalurkan atau memasarkan hasil produksi ke luar daerah; 2) untuk mengurangi persaingan khususnya persaingan harga, hendaknya pengusaha Sentra Konveksi Ulujami Pemalang melakukan kerjasama dalam bentuk asosiasi yang melembaga untuk membeli bahan baku secara bersamaan dan menjual hasil produksi melalui asosiasi; 3) pengusaha Sentra Konveksi Ulujami Pemalang, benar-benar memperhatikan kridit yang diterima agar dipergunakan sesuai dengan rencana awal pada saat pengajuan kredit dan lebih baik jika mengajukan kredit tidak dalam kesulitan (hutang yang menumpuk) dan 4) jika pengusaha Sentra Konveksi Ulujami Pemalang, yang hutangnya cukup banyak, lebih baik mengadakan kerja sama dengan pengusaha yang berada di Sentra Konveksi Ulujami Pemalang sehingga beban hutang tidak bertambah.

Download

ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets