ANALISIS MODEL RUNTUN WAKTU DAN ESTIMASI PARAMETER DATA PRODUKSI GULA PADA PTP. NUSANTARA IX (PERSERO) JATIBARANG KABUPATEN BREBES DENGAN PROGRAM MINITAB

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika : ANALISIS MODEL RUNTUN WAKTU DAN ESTIMASI PARAMETER DATA PRODUKSI GULA PADA PTP. NUSANTARA IX (PERSERO) JATIBARANG KABUPATEN BREBES DENGAN PROGRAM MINITAB

Lya Amalia Rozana . 2007. Skripsi JURUSAN Matematika .FAKULTAS MIPA . Universitas Negeri Semarang. 2007

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong manusia untuk terus berupaya memanfaatkan kemajuan teknologi diantaranya diwujudkan melalui penelitian yang bertujuan untuk menemukan dan menyelesaikan masalah-masalah baru, mengembangkan pengetahuan yang ada maupun penelitian dalam menguji kebenaran suatu pengetahuan. Untuk memperoleh hasil penelitian yang baik, maka diperlukan analisis data yang tepat sebelum melakukan penelitian.

Salah satu metode analisis yaitu dengan menggunakan analisis runtun waktu (time series). Dari data runtun waktu yang diketahui dapat dilakukan analisis data yang kemudian hasil analisis dapat digunakan untuk penentuan proses penelitian berikutnya. Kebutuhan akan penelitian yang menghasilkan suatu penyelesaian masalah-masalah yang tepat dan cepat mengakibatkan perlunya penggunaan teknologi komputer yang dapat mempercepat proses analisis dalam suatu penelitian, sehingga ketelitian dan keakuratan hasil dapat segera diperoleh.
Perhitungan yang ada pada metode analisis runtun waktu (time series) bisa dihitung dengan menggunakan software MINITAB sehingga perhitungan yang mungkin memakan waktu, biaya dan pikiran, bisa dilakukan dengan lebih efisienapabila dihitung dengan menggunakan software MINITAB.
Dari uraian di atas, maka permasalahan yang akan dikaji adalah (1) bagaimana model runtun waktu pada data hasil produksi gula di PTP. Nusantara IX (Persero) Jatibarang Kabupaten Brebes dengan bantuan program MINITAB, (2) berapa nilai parameter hasil estimasi pada model tersebut dengan bantuan program MINITAB. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bentuk model runtun waktu data hasil produksi Gula di PTP. Nusantara IX (Persero) Jatibarang Kabupaten Brebes dan untuk mengetahui berapa nilai parameter hasil estimasi pada model tersebut dengan bantuan program MINITAB.
Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yaitu peneliti secara langsung mempelajari buku-buku atau sumber-sumber pustaka yang diperlukan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bentuk model runtun waktu yang tepat pada data hasil produksi gula di PTP. Nusantara IX (Persero) Jatibarang Kabupaten Brebes dengan bantuan program MINITAB yaitu AR (1) yang mempunyai bentuk umum t t ta Z Z + = -1 f , di mana tZ merupakan observasi runtun waktu pada waktu t dan ta merupakan sesatan (variabel random), (2) dari hasil estimasi dengan bantuan program MINITAB diperoleh nilai parameter AR (1) berupa f = 0,5469. Sehingga persamaan modelnya adalah t t ta Z Z + = -1 5469 , 0

Download

ANALISIS MODEL RUNTUN WAKTU DAN ESTIMASI PARAMETER DATA PRODUKSI GULA PADA PTP. NUSANTARA IX (PERSERO) JATIBARANG KABUPATEN BREBES DENGAN PROGRAM MINITAB , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets