Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Susilo, Rian Yuanto. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Hasil PPL, merupakan suatu tolok ukur dalam keberhasilan pembentukanmental keguruan pada mahasiswa kependidikan, namun demikian banyak faktoryang mempengaruhi pencapaian keberhasilan PPL itu sendiri. Oleh karenanya,masih diperlukan penelitian agar hasil PPL dapat tercapai dengan maksimal.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimanakah hasilpelaksanaan PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi JurusanEkonomi FIS UNNES? b) Bagaimanakah prestasi belajar matakuliah kelompokMKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan GuruPamong? c) Adakah pengaruh prestasi belajar matakuliah kelompok MKKAkuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamongterhadap hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi JurusanEkonomi FIS UNNES, baik secara simultan maupun parsial? d) Seberapabesarkah pengaruh matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, sertaPeran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL mahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES, baik secarasimultan maupun parsial?

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil PPLmahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES.2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar matakuliah kelompok MKKAkuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. 3)Untuk mengetahui adakah pengaruh prestasi belajar matakuliah kelompok MKKAkuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamongterhadap hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi JurusanEkonomi FIS UNNES, baik secara simultan maupun parsial. 4) Untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA,serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL mahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES, baik secarasimultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas NegeriSemarang angkatan tahun 2000 yang telah mengikuti program PPL dan telahmenempuh seluruh matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, dan SBMA,sebelum berakhirnya semester 6 (enam) yang berjumlah 78 orang.

Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil PPL berdasarkan nilai adalahdengan kriteria “Sangat Baik”, sementara hasil PPL berdasarkan penilaian dirisendiri adalah 76,27 dengan kriteria “Baik”. Rata-rata prestasi belajar matakuliahkelompok MKK Akuntansi adalah76,86 dengan kriteria “Baik”, rata-rata prestasibelajar matakuliah PPA adalah 78,69 dengan kriteria “Baik”, rata-rata prestasibelajar matakuliah SBMA adalah 71,65 dengan kriteria “Baik”. Peran DosenPembimbing dan Guru Pamong adalah “Baik”.

Berdasarkan hasil analisis statistik 1, secara simultan diperoleh Fhitungsebesar 8,865 dengan p (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Secara parsialdiperoleh thitung untuk matakuliah kelompok MKK Akuntansi sebesar 1,062dengan p (0,292 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk matakuliah PPAsebesar 0,579 dengan p (0,564 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untukmatakuliah SBMA sebesar 1,229 dengan p (0,223 > 0,05) yang berarti tidaksignifikan, thitung untuk Peran Dosen Pembimbing sebesar 3,130 dengan p (0,003 <0,05) yang berarti signifikan, dan thitung untuk Peran Guru Pamong sebesar 3,744dengan p (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil analisisstatistik 2, secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 10,280 dengan p (0,000 < 0,05)yang berarti signifikan. Secara parsial diperoleh thitung untuk matakuliah kelompokMKK Akuntansi sebesar -0,027 dengan p (0,978 > 0,05) yang berarti tidaksignifikan, thitung untuk matakuliah PPA sebesar -0,373 dengan p (0,710 > 0,05)yang berarti tidak signifikan, thitung untuk matakuliah SBMA sebesar –0,425dengan p (0,672 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk Peran DosenPembimbing sebesar 3,455 dengan p (0,001 < 0,05) yang berarti signifikan, danthitung untuk Peran Guru Pamong sebesar 4,811 dengan p (0,000 < 0,05) yang
berarti signifikan.

Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkanhasil analisis deskriptif diketahui bahwa Hasil PPL Berdasarkan Nilai secaraumum adalah sangat baik, sementara Hasil PPL Berdasarkan Penilaian DiriSendiri secara umum adalah baik. 2) berdasarkan hasil analisis deskriptifdiketahui bahwa prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA danSBMA secara umum adalah baik. Demikian pula halnya dengan Peran DosenPembimbing dan Guru Pamong yang memiliki kriteria baik. 3) Berdasarkan hasilanalisis statistik 1 dan 2, diketahui bahwa ada pengaruh secara simultan antaraprestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, PeranDosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap Hasil PPL Berdasarkan Nilai danBerdasarkan Penilaian Diri Sendiri. Namun demikian secara parsial diketahuibahwa prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, dan SBMAtidak berpengaruh secara signifikan, sementara Peran Dosen Pembimbing danGuru Pamong memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Hasil PPLBerdasarkan Nilai dan Berdasarkan Penilaian Diri Sendiri. 4) Besarnya pengaruhsimultan matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, Peran DosenPembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL Berdasarkan Nilai adalah33,8%, sementara secara parsial besarnya pengaruh Peran Dosen Pembimbingadalah 11,97%, dan Peran Guru Pamong adalah 16,32%. Besarnya pengaruhsimultan matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, Peran DosenPembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL Berdasarkan Penilaian DiriSendiri adalah 37,6%, sementara secara parsial besarnya pengaruh Peran DosenPembimbing adalah 14,21%, dan Peran Guru Pamong adalah 24,30%.

Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan maka disarankan: Bagi pihakUniversitas Negeri Semarang dan sekolah hendaknya mengadakan koordinasiyang intensif terhadap pelaksanaan Program PPL sehingga akan melahirkanpemahaman konsep yang menyatu untuk keberhasilan PPL. Bagi DosenPembimbing hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas bimbingannya denganlebih memperhatikan pelaksanaan bimbingan yang dilakukan selama pelaksanaanPPL. Bagi Guru Pamong hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitasbimbingannya dengan lebih memperhatikan perencanaan yang disusun dalampelaksanaan PPL sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara sistematis.

Dosen Pembimbing dan Guru Pamong hendaknya menjalin koordinasi yang lebihintensif untuk dapat memberikan arahan yang mendalam kepada mahasiswapraktikan PPL. Bagi mahasiswa, hendaknya terus meningkatkan prestasibelajarnya dengan cara memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia dan ikutberperan aktif dalam organisasi kemahasiswaan sehingga akan lebih siap dalampelaksanaan PPL.

Download

Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets