ANALISIS PEMILIHAN SEKOLAH MENENGAH ATAS SEMARANG BERDASARKAN EFEKTIFITAS JARAK, SARANA ANGKUTAN UMUM DAN TINGKAT UNGGULAN SEKOLAH DENGAN MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

This item was filled under [ teknik bangunan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi pendidikan teknik bangunan: ANALISIS PEMILIHAN SEKOLAH MENENGAH ATAS SEMARANG BERDASARKAN EFEKTIFITAS JARAK, SARANA ANGKUTAN UMUM DAN TINGKAT UNGGULAN SEKOLAH DENGAN MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Awang, Rimang Jatmiko. 2006, Skripsi pendidikan teknik bangunan, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini berawal dari banyaknya pertimbangan siswa lulusan Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan orang tuanya dalam pemilihan Sekolah Menengah Atas (SMA), faktor-faktor yang menjadi pertimbangan antara lain : faktor nilai akhir ujian kelulusan, faktor jarak sekolah, faktor angkutan umum dan faktor unggulan sekolah. Faktor-faktor tersebut menjadi permasalahan maka perlu dicari solusinya.

Penelitian ini mencari alternatif pemecahan masalah dalam pemilihan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan pertimbangan efektifitas jarak, sarana angkutan umum dan tingkat unggulan sekolah, dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Sampel penelitian ini ialah masyarakat perumahan Bukit Jatisari Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan studi SIG dan AHP untuk memberikan solusi pertimbangan dalam memlilih Sekolah Menengah Atas pada masyarakat perumahan Bukit Jatisari Semarang, berdasarkan efektifitas jarak, sarana angkutan umum dan tingkat unggulan sekolah.
Hasil analisis SIG dapat memberikan informasi tentang jarak dan jalur trayek angkutan umum, untuk mendukung pengambilan keputusan prioritas sekolah pilihan, diperlukan suatu metode pengambilan keputusan yang tidak
hanya berdasar pada perkiraan (common sense), dari sekian banyak alternatif pilihan, namun dengan mempertimbangkan persepsi terhadap kriteria pilihan dan salah satu metode yang dapat membantu proses pengambilan keputusan tersebut adalah Analytical Hierarchy Process (AHP).
AHP dapat menjawab tentang perbandingan kriteria sekolah, dengan bantuan Software Expert Choice 11, dan diperoleh hasil analisis AHP dengan nilai tertinggi prioritas utama pemilihan Sekolah Menengah Atas pada masyarakat perumahan Bukit Jatisari Semarang. Dengan mempertimbangan efektifitas jarak, sarana angkutan umum dan tingkat unggulan sekolah maka diperoleh SMA Unggulan Ponpes Nurul Islam.
Bagi peneliti yang ingin melanjutkan penelitian ini, dapat menyempurnakannya dengan menambah kriteria dan alternatif dalam pemilihan sekolah.

Download

ANALISIS PEMILIHAN SEKOLAH MENENGAH ATAS SEMARANG BERDASARKAN EFEKTIFITAS JARAK, SARANA ANGKUTAN UMUM DAN TINGKAT UNGGULAN SEKOLAH DENGAN MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets