ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP PRODUK RUSAK PADA PT MASSCOM GRAPHY SEMARANG TAHUN 2004-2005

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN MANAJEMN : ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP PRODUK RUSAK PADA PT MASSCOM GRAPHY SEMARANG TAHUN 2004-2005

Farida Aryani . 2006. Skripsi JURUSAN MANAJEMN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Perusahaan telah mengeluarkan biaya untuk meningkatkan kualitas dan meminimalkan jumlah produk rusak, tapi pada kenyataannya jumlah produk rusak yang dihasilkan masih ada yang keluar dari standar yang telah ditetapkan oleh manajemen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, biaya kegagalan eksternal secara simultan dan parsial terhadap produk rusak serta bagaimana pengendalian kerusakan produk pada PT Masscom Graphy Semarang tahun 2004–2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, biaya kegagalan eksternal secara simultan dan parsial terhadap produk rusak serta untuk mengetahui pengendalian kerusakan produk pada PT Masscom Graphy Semarang tahun 2004–2005.

Populasi dalam penelitian ini adalah dengan studi sensus atau studi populasi dengan jumlah sampel 24 buah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya pencegahan (X1), biaya penilaian (X2), biaya kegagalan internal (X3), dan biaya kegagalan eksternal (X4) dan produk rusak (Y). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan interview.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan statistical quality control (SQC).
Uji F menunjukkan bahwa X1, X2, X3, dan X4 mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap produk rusak yaitu sebesar 41%,. Hasil uji t, biaya kualitas yang berpengaruh terhadap produk rusak adalah biaya pencegahan dan biaya kegagalan internal. Secara SQC, pada tahun 2004 produk rusak yang melebihi UCL terjadi pada bulan Maret dan April. Pada tahun 2005 produk rusak yang melebihi UCL terjadi pada bulan November dan Desember. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh signifikan terhadap produk rusak. Secara parsial X3 mempunyai pengaruh signifikan paling besar terhadap produk rusak, X1 mempunyai pengaruh signifikan paling kecil terhadap produk rusak,, X4 tidak berpengaruh secara signifikan, dan X2 paling tidak berpengaruh signifikan terhadap produk rusak serta pengendalian kerusakan produk pada PT Masscom Graphy dari tahun 2004 sampai 2005 masih kurang baik. PT Masscom Graphy sebaiknya meningkatkan biaya pencegahan dan penilaian, meningkatkan koordinasi antar departemen, meningkatkan pengawasan dan pengendalian yang lebih intensif terutama pada proses produksi, bahan baku dan SDM serta melibatkan seluruh karyawan dalam upaya meningkatkan kualitas.

Download

ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP PRODUK RUSAK PADA PT MASSCOM GRAPHY SEMARANG TAHUN 2004-2005, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
Tagged with: [ , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets