Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Zadig ou La Deastinée Karya Voltaire

This item was filled under [ bahasa dan seni, bahasa perancis ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi bahasa perancis: Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Zadig ou La Deastinée Karya Voltaire.

Sholihah, Eny Rokhiyatus. 2007. Skripsi bahasa perancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Karya sastra dan psikologi memang memiliki pertautan yang erat, secara tak langsung dan fungsional. Pertautan tak langsung, karena baik sastra maupun pikologi memiliki objek yang sama yaitu kehidupan manusia. Psikologi dan sastra mempunyai hubungan fungsional karena sama-sama untuk mempelajari keadaan kejiwaan orang lain, bedanya dalam psikologi gejala tersebut riil, sedangkan dalam sastra bersifat imajinatif. Perilaku dalam psikologi dipandang sebagai reaksi yang dapat bersifat sederhana maupun kompleks. Hampir seluruh perilaku itu timbul, dilatar belakangi oleh keadaan jiwa manusia. Roman Zadig ou La Deastinée adalah salah satu roman karya Voltaire yang dikarang pada tahun 1747, pada saat itu sastra sangat terikat pada debat-debat tentang suatu pendapat.

Roman ini menceritakan tentang perjalanan hidup manusia, yang mengalami berbagai macam liku-liku kehidupan. Dalam roman ini pengarang tidak hanya sekedar menceritakan hal-hal bersifat hayalan, namun pengarang juga menyisipkan ilmu pengetahuan, adat istiadat dan keagamaan, sehingga pembaca tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang sastra tetapi juga pengetahuan yang lain. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perilaku tokoh utama dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tokoh utama yang terkandung dalam roman Zadig ou La Deastinée Karya Voltaire. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang menerapkan tipe dan hukum-hukum psikologi dalam karya sastra. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pustaka dengan langkah-langkah berikut, membaca berulang-ulang untuk mencari dan menentukan tokoh utama, melakukan pengklasifikasian data ke dalam kelompok yang akan kita kaji, mencatat ke dalam kartu data serta menarik kesimpulan. Dalam menganalisis data digunakan teori FIRO (Fundamental Interpersonal Relations Orientations), yakni teori tiga dimensi yang dikemukakan oleh Schutz. Dari hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa perilaku seseorang dapat diketahui melalui karakternya. Seorang tokoh tidak selalu berperilaku baik, namun terkadang ada sisi kejelekannya muncul yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya misalnya faktor emosi, faktor sikap dan faktor-faktor yang lain.
Diakhir penelitian ini, saran yang direkomendasikan adalah agar pembaca lebih memahami penelitian tentang tokoh yang berhubungan dengan psikologi sastra sehingga dapat mengembangkannya dengan menggunakan teori yang lain.

Download

Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Zadig ou La Deastinée Karya Voltaire, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets