ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM YANG OPTIMAL DI BEJ DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS BETA

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan Manajemen : ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM YANG OPTIMAL DI BEJ DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS BETA

Yuli Kurniyati. 2006.Skripsi, Jurusan Manajemen ,FAKULTAS EKONOMI , UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Keputusan investasi pada dasarnya menyangkut masalah pengelolaan dana pada periode tertentu, dimana para investor mempunyai harapan untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan dana yang diinvestasikan pada periode tertentu. Jika seorang investor ingin membentuk portofolio maka investor harus benar-benar dapat menganalisa secara tepat. Didalam portofolio terdapat portofolio yang jumlahnya tidak terbatas atau banyak sekali dalam pembentukan portofolio itu investor akan memilih mana yang tepat dari sekian banyak portofolio yang ada.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko tiap saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.2) bagaimana tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko portofolio saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. 3) bagaimanakah pembentukan portofolio yang optimal di BEJ dengan menggunakan indeks beta. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara memperoleh tingkat keuntungan saham dan tingkat risiko tiap saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, mengetahui cara memperoleh tingkat keuntungan dan risiko portofolio saham yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, ketiga, mengetahui cara memperoleh pembentukan portofolio yang optimal di BEJ dengan menggunakan indeks beta.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEJ sebanyak 350 perusahaan pada periode januari 2004 sampai desember 2005. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan slovin dengan persen kelonggaran 5% yaitu sebesar 187 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu Indonesian Capital Directory dan Jakarta Stock Exchange.
Dari perhitungan data, nilai ß (beta) atau systematic risk rata-rata saham perusahaan adalah sebesar 5,2717. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa rata-rata risiko sebesar 0,030882. Berdasarkan perhitungan portofolio tingkat keuntungan pasar rata-rata 0,040155 dan risiko portofolio diperoleh sebesar 17, 4397222.
Dalam pembentukan portofolio optimal dipilih saham yang memiliki tingkat pengembalian saham yang masih dibawah tingakat pengembalian bunga bebas risiko, sehingga sebagian besar saham tidak layak untuk portofolio optimal. Pembentukan portofolio optimal dipilih saham yang mempunyai ERB positif kemudian dibandingkan dengan nilai Ci (Cut Of Rate). Sekuritas yang mempunyai nilai ERB lebih besar atau sama dengan Ci dimasukkan dalam kandidat portofolio yang optimal. Kombinasi dana tersebut menghasilkan keuntungan sebesar 0,1157998.

Download

ANALISIS PORTOFOLIO SAHAM YANG OPTIMAL DI BEJ DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS BETA, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets