Analisis Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha Karyawan Pemda Kota Semarang Tahun 2000-2004

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Analisis Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha Karyawan Pemda Kota Semarang Tahun 2000-2004

Sari Styaningrum, 2004. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Rentabilitas bagi koperasi merupakan suatu ukuran kesuksesan dankemampuan menggunakan aktiva dan modal untuk menghasilkan keuntungansecara efisien. Dengan rentabilitas dapat diketahui kemampuan koperasi untukmenghasilkan laba selama periode tertentu. Dalam penelitian ini terdapat duapermasalahan, yaitu (1) Berapakah tingkat rentabilitas pada Koperasi Serba UsahaKaryawan sejak tahun 2000–2004; (2) Bagaimana perkembangan rentabilitaspada Koperasi serba Usaha Karyawan sejak tahun 2000–2004.

Penelitian ini mengambil lokasi pada Koperasi Serba Usaha KaryawanPemda Kota Semarang yang beralamat di Jl. Pemuda No. 148 Semarang. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah denganmenggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis datamenggunakan analisis rasio dan analisis trend.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat rentabilitas ekonomiselama lima tahun sebesar 2,35%. Rendahnya tingkat rentabilitas ekonomidisebabkan oleh rendahnya profit margin dan turnover of operating assets. profitmargin rendah disebabkan oleh kenaikan penjualan tidak diikuti dengan kenaikanhasil usaha yang sebanding, dan rendahnya turnover of operating assetsdisebabkan oleh kenaikan aktiva usaha tidak diikuti dengan kenaikan penjualanyang sebanding. Perkembangan rentabilitas ekonomi mengalami penurunan.Tingkat rentabilitas modal sendiri rata-rata selama lima tahun sebesar 8,07%.Rendahnya tingkat rentabilitas modal seniri disebabkan karena naiknya modalsendiri diikuti dengan naiknya sisa hasil usaha setelah pajak secara tidaksebanding.

Perkembangan rentabilitas ekonomi selama lima tahun (2000-2004)mengalami penurunan. Penurunan ini disebabkan oleh turnover of operatingassets dan turunnya profit margin. Penurunan profit margin disebabkan besarnyabiaya usaha yang dianggarkan. Penurunan turnover of operating assetsdisebabkan oleh adanya aktiva usaha yang bekerja kurang optimal. Rentabilitasmodal sendiri tidak mengalami perkembangan, hal ini disebabkan karena kurangoptimalnya modal sendiri yang bekerja untuk meningkatkan sisa hasil usahasesudah pajak

Berdasarkan hasil analisis tersebut diharapkan agar Koperasi Serba UsahaKaryawan Pemda Kota Semarang menunjukkan bahwa rentabilitas ekonomi danrentabilitas modal sendiri tidak rendebel. Saran yang dapat diberikan adalah (1)Koperasi perlu megendalikan biaya usaha terutama biaya bunga yang disebabkanoleh pihak ketiga; (2) Jangka waktu pemberian kredit hendaknya tidak terlalulama yang pada akhirnya akan mempercepat perputaran piutang usaha.

Download

Analisis Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha Karyawan Pemda Kota Semarang Tahun 2000-2004, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets