Analisis Tingkat Efisiensi Penggunaan Modal Melalui Pendekatan Sistem Du Pont pada PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari Cabang Semarang.

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Analisis Tingkat Efisiensi Penggunaan Modal Melalui Pendekatan Sistem Du Pont pada PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari Cabang Semarang.

Ichsanti Syukriani, 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Return On Investment merupakan bentuk rasio profitabilitas yangdimaksudkan untuk dapat mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhandana yang ditanamkan dalam aktiva yang digunakan untuk operasi perusahaanuntuk menghasilkan keuntungan. Melalui pendekatan sistem Du Pont ROI sebagaisalah satu alat untuk mengukur tingkat efisiensi penggunaan modal perusahaantelah dikembangkan dengan memasukkan unsur profit margin dan turnover ofoperating assets yang dikombinasikan dengan cara mengalikannya untukmenunjukkan bagaimana rasio-rasio ini saling mempengaruhi untuk menentukanprofitabilitas harta. Selain itu melalui pendekatan sistem Du Pont perusahaandapat mengetahui lebih jauh mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tinggirendahnya ROI melalui analisis tingkat efisiensi komponen pembentuk profitmargin dan turnover of operating assets sebagai alat pengendalian divisi untukpeningkatan ROI tiap tahunnya. Untuk dapat mengetahui apakah perusahaan telahmencapai tingkat efisiensi dalam menggunakan modalnya adalah denganmembandingkan tingkat ROI pada tahun tersebut dengan standar ROI yang telahditetapkan perusahaan sebelumnya, dimana dalam hal ini diterapkan pula oleh PTDok dan Perkapalan Kodja Bahari Cabang Semarang untuk dapat membuktikankebenaran argumentasi melalui kegiatan penelitian terhadap perusahaan ini.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah seberapa besartingkat efisiensi penggunaan modal melalui pendekatan sistem Du Pont pada PTDok dan Perkapalan Kodja Bahari Cabang Semarang tahun 2001-2004?, dimanapenelitian ini mempunyai tujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tingkatefisiensi penggunaan modal melalui pendekatan sistem Du Pont pada PT Dok danPerkapalan Kodja Bahari Cabang Semarang tahun 2001-2004.

Obyek penelitian ini adalah tingkat efisiensi penggunaan modal melaluipendekatan sistem Du Pont tahun 2001-2001 yang dihitung melalui tingkat ROIatas laporan keuangan perusahaan tahun 2001-2004. Variabel penelitian ini terdiridari ROI, profit margin dan turnover of operating assets dan subvariabel berupaHPP, biaya operasional, modal kerja, aktiva tetap dan aktiva lain-lain. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metodewawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisisdeskriptif kuantitatif dan penghitungan rumus Du Pont.

Hasil penelitian menunjukkan dengan pendekatan sistem Du Pontdiketahui tingkat ROI PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari Cabang Semarangtahun 2001-2004 adalah sebesar –5,24% yang masih berada jauh di bawah standarROI yang telah ditetapkan perusahaan sebesar 12%-14%. Kondisi inimenunjukkan perusahaan tidak efisien dalam menggunakan modalnya. Hal inidikarenakan profit margin perusahaan yang rendah hingga mencapai angka minusatau rugi rata-rata sebesar –7,41% meskipun tingkat perputaran aktivanya telahmencapai tingkat efektif sebesar 1 kali.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa perusahaanbelum efisien dalam menggunakan modalnya secara keseluruhan, karena tingkatefisiensi dalam tahun 2001-2004 adalah sebesar –5,24% dimana diketahuipenyebab ketidakefisienan tersebut adalah tingginya harga pokok produksi danbiaya produksi yang tidak diikuti dengan tingginya pendapatan usaha. Saran yangdapat diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya perusahaan meningkatkanpendapatan usahanya agar dapat tercipta laba usaha yang maksimal sesuai dengantujuan perusahaan dan hendaknya perusahaan menekan biaya produksi dan biayaoperasional agar tidak sampai terjadi penurunan laba maupun kerugian yangbersifat material agar profitabilitas perusahaan yang tinggi dapat tercapai.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihakkhususnya yang terkait dengan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari CabangSemarang maupun bagi para pembaca serta dapat bermanfaat dalam penelitianselanjutnya.

Download

Analisis Tingkat Efisiensi Penggunaan Modal Melalui Pendekatan Sistem Du Pont pada PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari Cabang Semarang., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets