Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dalam Mempelajari Akuntansi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMAN 1 Purworejo Tahun Ajaran 2004/2005)

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan akuntansi: Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dalam Mempelajari Akuntansi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMAN 1 Purworejo Tahun Ajaran 2004/2005)

Dirmansyah, Yulia. 2005. Skripsi jurusan akuntansi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Aplikasi Teori Herzberg tentang kepuasan kerja pada pembelajaran siswaterhadap akuntansi adalah bahwa tingkat kepuasan siswa dalam mempelajariakuntansi dipengaruhi oleh dua faktor yaitu satisfiers dan dissatisfiers. Satisfiersmempunyai pengaruh memberikan motivasi untuk selanjutnya akan menciptakankepuasan siswa dalam mempelajari akuntansi dan memberikan output optimum.Sedangkan dissatisfiers memberikan efek negatif yaitu akan menciptakanketidakpuasan siswa dalam mempelajari akuntansi dan tentunya output yang tidakdiharapkan. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatanpenelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsifaktor-faktor satisfiers dan dissatisfiers pada tingkat kepuasan siswa kelas XI jurusanIPS SMAN 1 Purworejo tahun ajaran 2004/2005 dalam mempelajari akuntansi?.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktorsatisfiers dan dissatisfiers pada tingkat kepuasan siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 1 Purworejo tahun ajaran 2004/2005 dalam mempelajari akuntansi.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMAN 1Purworejo dengan ukuran populasi 68 siswa. Dikarenakan semua unit populasi dapatterjangkau dan dimungkinkan tidak terjadi kerusakan data, maka penelitian inimenggunakan penelitian sensus. Adapun variabel yang dikaji dalam penelitian ini,yaitu: (1) satisifier dalam mempelajari akuntansi yang meliputi pencapaian prestasiindividual siswa dalam pelajaran akuntansi, pengakuan atau aktualisasi diri dalamPBM akuntansi, pembelajaran akuntansi itu sendiri, tanggungjawab diri untukmempelajari akuntansi, dan pengembangan potensi individual siswa dalammempelajari akuntansi, dan (2) dissatisfiers dalam mempelajari akuntansi yangmeliputi kondisi sosial ekonomi keluarga, kondisi PBM akuntansi, kebijakan danadministrasi sekolah (guru), hubungan antar siswa, dan kualitas supervisi guru. Alatpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yangdikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa dalam mempelajariakuntansi dapat tercapai oleh faktor-faktor satisfiers. Ketidakpuasan siswa dalammempelajari akuntansi akan terjadi oleh kondisi dissatisfier.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa apabila kondisisatisfiers dapat tercapai, maka akan memberikan motivasi untuk mempelajarikuntansi, sehingga dimungkinkan mampu menciptakan kepuasan siswa dalammempelajari akuntansi, yang akhirnya akan diperoleh pencapaian prestasi yang baikdalam mempelajari akuntansi. Apabila kondisi dissatisfiers dapat tercapai, makatidak akan memberikan motivasi untuk mempelajari akuntansi, sehinggadimungkinkan mampu menciptakan ketidakpuasan siswa dalam mempelajariakuntansi, yang akhirnya tidak akan diperoleh pencapaian prestasi yang baik dalammempelajari akuntansi.

Karena terbukti faktor-faktor satisfiers dapat meningkatkan kepuasan siswadalam mempelajari akuntansi, maka dalam proses belajar mengajar akuntansi, faktorfaktorsatisfiers haruslah dimaksimalkan. Karena terbukti faktor-faktor dissatisfiersdapat menciptakan ketidakpuasan siswa dalam mempelajari akuntansi, maka dalamproses belajar mengajar akuntansi faktor-faktor dissatisfiers haruslah diminimalkan.

Download

Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dalam Mempelajari Akuntansi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMAN 1 Purworejo Tahun Ajaran 2004/2005), 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets