ANALISIS TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER (CREDIT CHANNELING)

This item was filled under [ Perbankan Syariah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (27 votes cast)

Skripsi Perbankan Syariah :ANALISIS TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER  (CREDIT CHANNELING) TERHADAP POSISI KREDIT INVESTASI DI INDONESIA PERIODE 2001:1-2007:6 .


Oleh :
FAUZAL MUSLIM
B1B040097
JURUSAN EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG

ABSTRAK

Teori dasar dari transmisi kebijakan moneter melalui jalur kredit yang dipaparkan oleh Bernanke (1995) dan Mishkin (2001) menerangkan bahwa variabel suku bunga pinjaman sangat lemah dalam menjelaskan perubahan pada pengeluaran investasi, yang artinya suku bunga pinjaman bukan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi investor dalam melakukan pinjaman.

Ada dua komponen dari mekanisme jalur kredit, jalur pinjaman bank dan jalur neraca anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi penawaran dan permintaan kredit investasi dengan mengadopsi model dari Oliver Hülsewig (2003), serta ingin mengetahui apakah transmisi kebijakan moneter melalui jalur kredit berlangsung selama periode sampel.

Hasil empiris menunjukan bahwa penawaran kredit investasi oleh perbankan dalam jangka panjang hanya dipengaruhi oleh permodalan saja sedangkan permintaan kredit investasi bukan hanya dipengaruhi tingkat suku bunga kredit saja melainkan juga oleh pendapatan investor. Lebih jauh, analisis impulse response menerangkan bahwa kebijakan moneter kontraktif melalui peningkatan suku bunga kredit berdampak pada penurunan pendapatan investor yang pada akhirnya hal ini akan menurunkan permintaan kredit investasi oleh investor.

Secara ringkas dapat dikatakan ada bukti keberlangsungan transmisi kebijakan moneter melalui jalur neraca anggaran pada periode sampel.

Kata kunci:  Penawaran Kredit, Permintaan Kredit, Jalur Neraca Anggaran, Kointegrasi.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

ANALISIS TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER (CREDIT CHANNELING) , 4.9 out of 5 based on 27 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets