Analisis Usaha Perempuan Pemecah Batu Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dan Kontribusinya Pada Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: Analisis Usaha Perempuan Pemecah Batu Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dan Kontribusinya Pada Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang

Iswanti, Diah. 2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pemenuhan kebutuhan manusia harus sesuai dengan stratifikasi atau urutan kebutuhan. Tidak semua alat pemuas kebutuhan mudah untuk didapat, karena banyak alat pemuas kebutuhan yang untuk mendapatkannya membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan yang dilakukan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya adalah dengan bekerja, karena dengan bekerja manusia mendapatkan uang untuk dibelanjakan barang-barang maupun jasa-jasa yang diperlukan manusia sebagai alat pemuas kebutuhan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1)Adakah perbedaan tingkat pendapatan rumah tangga perempuan pemecah batu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunung Pati Semarang sebelum dan sesudah melakukan usaha memecah batu (2) Berapa besar kontribusi yang diberikan perempuan pemecah batu di Kelurahan Sukorejo Semarang dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan keluarga Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui perbedaan tingkat pendapatan rumah tangga pemecah batu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunung Pati Semarang sebelum dan sesudah perempuan melakukan usaha memecah batu? Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi yang diberikan perempuan pemecah batu dalam meningkatkan pemenuhan kebutuan rumah tangga setelah melakukan usaha memecah batu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan pemecah batu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang yang berjumlah 45 orang. Berdasarkan identifikasi dalam populasi dan jumlah populasi kurang dari 100 dan bersifat homogen maka semua populasi dijadikan objek penelitian sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Ada 2 ( dua )variabel dalam penelitian ini, yaitu : (1)peningkatan pendapatan, (2) pemenuhan kebutuhan keluarga perempuan pemecah batu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan pemenuhan kebutuhan keluarga di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang dengan regresi Y = 141328,83 + 1,144X dan perhitungan analisis regresi diperoleh F hitung dengan F tabel sebesar23,988 dengan tingkat signifikan (probabilitas) 0,00 jauh lebih kecil dari taraf signifikan (a) 0,05. 9

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diambil beberapa simpulan, antara lain : (1) Dilihat dari hasil penelitian rata-rata peningkatan pendapatan perempuan dari usaha memecah batu di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang adalah sebesar Rp 162.555;00. Pendapatan tertinggi sebesar Rp 300.000;00 dan pendapatan terendah sebesar Rp 40.000;00. dengan uji determinan sebesar 0,635 atau 63,50%, sedangkan sisanya 36,50% dipengaruhi oleh variabel lainn dengan persamaan dari Persamaan regresi Y = 141328,83 + 1,144X Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah : Untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari memecah batu sebaiknya perempuan pemecah batu belajar ketrampilan lain.

Download

Analisis Usaha Perempuan Pemecah Batu Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga dan Kontribusinya Pada Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets