ANTARMUKA USB PADA MIKROKONTROLER AT89C51

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Teknik Elektro : ANTARMUKA USB PADA MIKROKONTROLER AT89C51

oleh :
REXON JOHN FRENGKY
02/157631/ET/02587
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
JOGJAKARTA

Pemanfaatan Port USB (Universal Series Bus) pada komputer saat ini telah berkembang luas seiring perkembangan teknologi perangkat keras I/O komputer seperti printer, scanner dan memory disk. Selain itu peralatan elektronika seperti telpon genggam, kamera digital, proyektor digital dan perangkat keras berbasis mikrokontroler juga telah memanfaatkan port USB untuk berkomunikasi data serial dengan komputer.

Dalam komunikasi data serial antara komputer dengan perangkat keras berbasis mikrokontroler diperlukan suatu antarmuka. Untuk komunikasi data serial menggunakan port serial pada komputer maka antarmukanya menggunakan IC MAX232 sedangkan jika memanfaatkan port USB maka antarmukanya menggunakan IC FT8U232AM. Kedua antarmuka ini memiliki karakteristik fisik dan non-fisik yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Fokus pada antarmuka USB kelebihan yang dimilikinya adalah :
– Sederhana : dilihat dari segi perangkat lunak (software) dalam menginisialisasi alamat port dan IRQ (Interupt Request) pemrogram cukup menginstal driver yang bisa didapatkan dengan mudah. Dilihat dari segi fisik jalur transmisi data antarmuka USB menggunakan kabel USB dimana kabelnya relatif lebih ringan dan plugnya kecil.
1
2
– Praktis : antarmuka ini memiliki sifat plug and play dimana komputer secara otomatis langsung mendeteksi keberadaan antarmuka USB setelah dihubungkan (plug) kemudian antarmuka langsung dapat digunakan (play).
– Kecepatan transfer data cukup tinggi : kecepatan transfer data mencapai diatas 920k baud.
Sedangkan kekurangan yang dimilikinya adalah :
– Tidak transparan : hal-hal mengenai driver dan proses pentransmisian data sampai saat ini masih dirahasiakan karena memiliki IP (intelectual property).
– Komponen-komponen yang digunakan oleh antarmuka USB seperti IC FT8U232AM masih sulit diadapatkan.
Dari pernyataan diatas penulis mencoba mempelajari dan mensilmulasikan penggunaan antarmuka USB pada mikrokontroler AT89C51 dalam bentuk kit USBMOD1.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

ANTARMUKA USB PADA MIKROKONTROLER AT89C51, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets