Aplikasi Database dan Crystal Report Pada Microsoft Visual Basic 6.0 Terhadap Data Kepegawaian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

TUGAS AKHIR STATISTIKA TERPAN DAN KOMPUTASI : Aplikasi Database dan Crystal Report Pada Microsoft Visual Basic 6.0 Terhadap Data Kepegawaian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah

Budi Tjahjono, 2005.tugas akhir statistika terapan dan komputasi, jurusan matematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga pemerintah memerlukanpengolahan administrasi yang efektif dan efisien yaitu berorientasi kepada tujuan,penggunaan sumber daya, dan mekanisme pengelolaan instansi pemerintah. Salahsatu kegiatan administrasi instansi pemerintah adalah pengolahan data pegawai.Dalam pengolahannya kebanyakan instansi-instansi pemerintah masihmenggunakan sistem pemrosesan yang masih memiliki banyak kekurangan. Olehkarena itu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada perlu dicarialternatif penanganan data-data pegawai tersebut. Kalau kita cermati bersamakomputer merupakan solusi terbaik dalam pengolahan data-data pegawai. Dengankomputer kita dapat mengolah data-data pegawai dengan lebih mudah yaitudengan membuat software basis data pegawai dalam hal ini adalah datakepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah. Masalah yangmuncul dalam kegiatan ini adalah pertama, bagaimana perancangan serta susunandan tata bahasa program untuk dapat menghasilkan program database datakepegawaian di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah denganmenggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Kedua, bagaimana langkah-langkahpembuatan program database data kepegawaian Komisi Pemilihan UmumProvinsi Jawa Tengah dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Ketiga, bagaimanamembuat laporan data kepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi JawaTengah dengan menggunakan Crystal Report. Dan yang terakhir adalahbagaimana proses kerja program sehingga dapat menghasilkan program basis datakepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah.

Tujuan yang dicapai dalam kegiatan ini adalah pertama, merancang danmenyusun tata bahasa program untuk dapat menghasilkan program database datakepegawaian di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah denganmenggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Kedua, menentukan langkah-langkahpembuatan program database dan kepegawaian Komisi Pemilihan Umum ProvinsiJawa Tengah dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Ketiga, Membuat laporan datakepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah denganmenggunakan Crystal Report. Dan yang terakhir adalah menjelaskan bagaimanaproses kerja dari program sehingga dapat menghasilkan program basis datakepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah. Variabel kegiatanyang di ambil penulis dalam pembuatan program ini adalah sejarah berdirinya PSKPUProvinsi Jawa Tengah, profil anggota-anggota KPU Provinsi Jawa Tengah,struktur organisasi KPU Provinsi Jawa Tengah, daftar kepangkatan pegawai KPUProvinsi Jawa Tengah, daftar absen pegawai KPU Provinsi Jawa Tengah, daftarlembur pegawai KPU Provinsi Jawa Tengah, daftar nomor urut absen pegawaiKPU Provinsi Jawa Tengah, daftar status pegawai KPU Provinsi Jawa Tengah danklasifikasi pegawai KPU Provinsi Jawa Tengah.

Metode Pengambilan data yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metodeliteratur dan metode dokumentasi. Metode literatur yaitu metode untukmemperkuat teori-teori yang telah ada yaitu dengan membaca buku-buku yangada mengenai Database, Microsoft Visual Basic 6.0, dan Pembuatan laporandengan Crystal Report. Metode dokumentasi yaitu pengambilan data sekunderyaitu dengan mengambil data-data pegawai yang ada di Komisi Pemilihan UmumProvinsi Jawa Tengah.

Sesuai dengan pengujian yang telah dilakukan, maka program aplikasi inidapat berjalan dengan baik dan hasilnya sesuai dengan sistem pengolahan datapegawai di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah. Secara keseluruhanprogram aplikasi dibuat dengan mengoptimalkan semua data-data yang diberikanoleh pihak Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah. Dalampembuatannya, penulis mencoba untuk memadukan semua elemen-elemen yangada sehingga dapat menghasilkan program aplikasi yang menarik.

Simpulan dari Tugas Akhir ini adalah pertama, Perancangan danpenyusunan tata bahasa program database data kepegawaian di Komisi PemilihanUmum (KPU) Provinsi Jawa Tengah yaitu dengan melakukan studi kelayakan,rencana pendahuluan, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistemdan menyusun tata bahasa program. Kedua, Langkah-langkah pembuatan programdatabase data kepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengahdengan Microsoft Visual Basic 6.0 yaitu dengan membuat Diagram Alir Data(DAD), menentukan entitas, membuat tabel dan mendesain form.Ketiga,Pembuatan laporan data kepegawaian Komisi Pemilihan Umum Provinsi JawaTengah dengan menggunakan Crystal Report yaitu dengan memanfaatkan segalafasilitas-fasilitas yang ada pada Crystal Report 4.6. dan yang terakhir adalahProses kerja program basis data kepegawaian Komisi Pemilihan Umum ProvinsiJawa Tengah yaitu dengan mengikuti alur yang ada dalam Diagram Alir Data(DAD) dan hasilnya sesuai dengan pengolahan data pegawai di Komisi PemilihanUmum Provinsi Jawa Tengah.

Download

Aplikasi Database dan Crystal Report Pada Microsoft Visual Basic 6.0 Terhadap Data Kepegawaian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Aplikasi Database dan Crystal Report Pada Microsoft Visual Basic 6.0 Terhadap Data Kepegawaian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah”

  • 9 February, 2012, 1:59

    contoh progrmnya dan source kodenya. khususnya peomrograman delphi 7

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets