APLIKASI FUZZY LOGIC UNTUK PENGENDALIPENERANGAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLERATMEGA8535

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JUIRUSAN TEKNIK ELEKTRO: APLIKASI FUZZY LOGIC UNTUK PENGENDALIPENERANGAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLERATMEGA8535

Netika Purwaningrum. 2006. Skripsi JURUSAN TEKNIK ELEKTRO,FAKULTAS TEKNIK,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2007

Suatu penerangan ruang diperlukan oleh manusia untuk mengenali objeksecara visual. Penerangan mempunyai pengaruh terhadap fungsi sebuah ruangan.Oleh karena itu diperlukan lampu sebagai sumber penerangan utama yang dapatmenunjang fungsi ruangan. Umumnya untuk pengaturan penerangan ruangandigunakan prinsip on-off. Pengaturan penerangan dengan prinsip on-off hanyaberdasarkan pada kondisi gelap terang ruangan, tanpa menghiraukan kontribusi dariluar. Hal ini sering mengakibatkan ketidaknyamanan dan ketidakefisienanpenggunaan energi listrik. Oleh karena itu diperlukan pengaturan penerangan yangdihasilkan lampu.

Prinsip kendali yang digunakan adalah kendali fuzzy. Sistem inferensi fuzzyyang digunakan pengendali penerangan ruangan ini adalah Metode Mamdani.
Komposisi aturan menggunakan operator OR (union), sedangkan untuk defuzzifikasidigunakan metode MOM (Mean of Maximum). Sebagai pengendali utama padasistem menggunakan miktokontroller ATmega8535 dengan input dari sensor cahaya(LDR). Output dari pendendali selanjutnya ditampilkan LCD M1632 sebagaipenampil dan sebagai input rangkaian pengatur tegangan. Sistem ini bekerja di dalamruangan (in door) menggunakan maket rumah dengan tiga ruangan sebagai model.
Dalam pengujian perangkat keras dan lunak, diketahui bahwa sistempengendalian penerangan ruangan ini dapat menghemat energi. Dari pengujiansensor cahaya diperoleh hubungan antara luminansi dan tegangan yang mendekatilinier, sehingga pengendalian dengan mikrokontroler ATmega8535 dapat bekerjadengan baik.

Download

APLIKASI FUZZY LOGIC UNTUK PENGENDALIPENERANGAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLERATMEGA8535, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets