Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 dalam Pembuatan Basis Data Sistem Penjualan di Swalayan

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

SkripsiMatematika : Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 dalam Pembuatan Basis Data Sistem Penjualan di Swalayan

ANIK YHULAIKAH, 2005. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Swalayan merupakan salah satu bentuk dari organisasi yang di dalamnya terdapatkegiatan jual beli barang, di mana semuanya berada di bawah tanggung jawab padaseorang manajer toko. Untuk itulah pengorganisasian dengan perancangan basis datadapat menjawab pertanyaan yang muncul. Dalam hal pendataan Swalayan Luwes masihdibilang sederhana, di mana masih menggunakan catatan buku. Maka dari itu penulismemberikan solusi menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 denganaplikasinya untuk membantu pendataan secara komputerisasi yang lebih efektif danefisien. Dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana penerapan program MicrosoftVisual Basic 6.0 sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan di Swalayan LuwesPati. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan Microsoft Visual Basic6.0 dalam pembuatan sistem penjualan di Swalayan Luwes Pati.

Pengembangan sistem penjualan dibuat melalui lima tahapan yaitu studikelayakan, rencana pendahuluan, analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi.Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam pembuatan sistem penjualanyaitu dengan metode observasi, dan metode literatur.

Hasil kegiatan studi kelayakan didapatkan bahwa Swalayan Luwes dalammenjalankan kegiatannya terbagi dalam tiga bagian yaitu bagian gudang, administrasidan bagian penjualan. Pada tahap rencana pendahuluan proses pembuatan sistempenjualan dimulai dengan pembuatan diagram alir konteks. Pada tahap analisis sistemmerupakan tahap lanjutan dari rencana pendahuluan yaitu dengan menjabarkan sistempenjualan ke arah yang lebih detail. Pada tahap implementasi merupakan tahappembuatan kode program dan cara kerja program.

Simpulan dari penelitian ini adalah, penerapan program sistem informasi dapatdiawali dengan tahap sosialisasi program kepada karyawan pada bagian penjualan. Tahapsosialisasi tersebut meliputi pengenalan Software Mocrosoft Visual Basic, carapemakaian aplikasi program, dan pembuatan buku panduan pemakaian aplikasi programsistem penjualan. Dengan diadakannya tahap sosialisasi diharapkan karyawan padabagian penjualan mampu menerapkan aplikasi sistem penjualan secara efektif untuk kepentingan Swalayan Luwes Pati.

Download

Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 dalam Pembuatan Basis Data Sistem Penjualan di Swalayan, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets