APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Skripsi. JURUSAN Teknik Sipil : APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Radhik Setiawan . 2006. Skripsi. JURUSAN Teknik Sipil FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2005/2006

Komponen pelat dan komponen pondasi merupakan komponen yang saling berhubungan dalam suatu bangunan bertingkat, sehingga tidak bisa dipisahkan dalam perencanaan. Perencanaan gedung tidak hanya menghitung kontruksi bangunan tetapi juga menghitung biaya yang dibutuhkan. Pembangunan Gedung Gelar Karya Mahasiswa UNNES direncanakan dengan RAB sebesar Rp. 9.511.381.359,04, Biaya pekerjaan pelat dan pondasi sebesar masing-masing Rp. 379.641.784,00 dan Rp.
481.656.576,60. Pekerjaan komponen pelat dan pondasi mempunyai volume pekerjaan yang cukup besar masing-masing 100,8 m3 dan 204,73 m3, oleh karena itu perlu dilakukan sebuah cara untuk mengefisienkan dan mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan dengan value engineering. Value Engineering adalah suatu cara pendekatan yang kreatif dan terencana dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengefisienkan biaya-biaya yang tidak perlu.

Penelitian menggunakan metode deskriptif jenis study kasus, yaitu penelitian tentang kasus subyek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas. Tahapan-tahapan dalam penelitian yaitu pertama tahap informasi, adalah tahap yang menerangkan semua tentang informasi umum, kriteria desain dan fungsi dari bagian item pekerjaan yang akan dianalisi. Kedua yaitu tahap kreatif, adalah tahap yang berisi tentang alternatif-alternatif yang akan digunakan. Penelitian memunculkan 2 alternatif pada setiap komponen pelat dan pondasi. Komponen pelat menampilkan alternatif I dengan menaikkan mutu baja dari 240 MPa menjadi 270 MPa, altenatif II menaikkan mutu beton dari 20 MPa menjadi 29 MPa.
Komponen pondasi juga menampilkan 2 alternatif yaitu alternatif I menaikkan mutu beton dari 20 MPa menjadi 30 MPa, alternatif II menaikkan mutu baja dari 240 MPa menjadi 270 MPa. Tahap ketiga analisis, yaitu tahap yang berisi tentang pencarian bobot kriteria, analisis perhitungan biaya, penilaian setiap alternatif dan analisis fungsi setiap komponen pekerjaan pelat maupun pondasi. Tahap keempat yaitu tahap pengembangan yang berisi tentang analisis biaya jangka waktu kedepan. Tahap kelima yaitu tahap rekomendasi yang berisi tentang rencana awal, usulan, dasar pertimbangan dan hasil penelitian.
Hasil analisis perhitungan alternatif setiap item pekerjaan pelat dan pondasi didapat hasil bahwa dalam pekerjaan komponen pelat menggunakan alternatif II sehingga mendapatkan cost saving sebesar Rp. 40.894.569,20. Sedangkan pada pekerjan pondasi menggunakan alternatif I sehingga mendapatkan cost saving sebesar Rp. 30.216.083,91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi value engineering pada pembangunan Gedung Gelar Karya Mahasiswa UNNES dapat memperkecil biaya pekerjaan yang direncanakan.

Download

APLIKASI VALUE ENGINEERING PADA KOMPONEN PELAT DAN PONDASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG GELAR KARYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
Tagged with: [ , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets