AUDIT ENERGI DAN ANALISIS PELUANG PENGHEMATAN KONSUMSI ENERGI PADA SISTEM PENGKONDISIAN UDARA DI HOTEL SANTIKA PREMIERE SEMARANG

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi teknik elektro: AUDIT ENERGI DAN ANALISIS PELUANG PENGHEMATAN KONSUMSI ENERGI PADA SISTEM PENGKONDISIAN UDARA DI HOTEL SANTIKA PREMIERE SEMARANG

Agus Rianto.(2007) : Skripsi teknik elektro, FAKULTAS TEKNIK ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

Energi listrik sangat penting dalam indrustri perhotelan. Hal ini sangat menunjangdalam operasional di Hotel Santika Premiere Semarang. Peralatan sepertipengkondisian udara merupakan peralatan yang banyak mengkonsumsi energi listrik.Hampir sekitar 60% penggunaan energi listrik digunakan untuk sistem pengkondisianudara. Hal ini merupakan suatu pemborosan energi.

Untuk menanggulangi masalah tersebut dilakukan efisiensi energi. Salah satumetode yang sekarang dipakai untuk mengefisienkan pemakaian energi adalahkonservasi energi. Konservasi energi adalah peningkatan efisiensi energi yangdigunakan atau proses penghematan energi. Dalam proses ini meliputi adanya auditenergi yaitu suatu metode untuk menghitung tingkat konsumsi energi suatu gedungatau bangunan.
Pada audit energi di Hotel Santika Premiere terlihat bahwa konsumsi enrgi listrikadalah yang paling dominan. Sebagaimana menurut persenstasi energi yang dipakai,komposisi energi listrik dapat mencapai 91% dari total konsumsi energi, sedangkansolar 6%, air 3%.
Berdasarkan audit awal terlihat bahwa IKE (Intesitas Konsusi Energi) di HotelSantika Premiere mencapai 341,683 kWH / m2year lebih besar dari standar ASEAN-USAID yaitu 300 kWH / m2year. Berdasarkan hasil audit energi rinci, diperolehharga IKE untuk energi listrik adalah sebesar 403,08 kWH / m2year. Peluang HematEnergi (PHE) pada audit energi ini adalah dengan pembersihan pada unit FCU yaitumeliputi pembersihan saringan udara (filter), sudu kipas, sirip (fin) evaporator dankisi keluaran (grill) pada unit-unit FCU. Peluang Hemat Energi (PHE) yang keduaadalah dengan Mengatur (setup) temperatur air keluar (Leaving Chilled WaterTemperature = LCWT) pada chiller.
Dari hasil perhitungan IKE setelah penerapan PHE, didapati nilai yang masihcukup tinggi sehingga usaha penghematan masih harus dilakukan.

Download

AUDIT ENERGI DAN ANALISIS PELUANG PENGHEMATAN KONSUMSI ENERGI PADA SISTEM PENGKONDISIAN UDARA DI HOTEL SANTIKA PREMIERE SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets