BENTUK PENYAJIAN DOLALAK PAKET PADAT DI SANGGAR TARI PRIGEL KABUPATEN PURWOREJO

This item was filled under [ sendratasik ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan Pendidikan Sendratasik : BENTUK PENYAJIAN DOLALAK PAKET PADAT DI SANGGAR TARI PRIGEL KABUPATEN PURWOREJO

Sri Wahyuningsih . 2007. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sendratasik , Fakultas BAHASA DAN SENI , Universitas Negeri Semarang.

Dolalak Menjadi primadona seni tradisi rakyat di Purworejo sejak dikenal masyarakat tahun 1915 sampai sekarang. Bentuk geraknya yang sederhana merupakan peniruan gerak dansa serdadu Belanda termasuk yang digunakan dengan alat musik pengiring jidur, terbang, dan kendang dipadu pengucapan syair lagu yang berpantun serta penggunana pola lantai yang sederhana. Dolalak disajikan 4 sampai 6 jam dan pada puncak pertunjukan salah satu penarinya akan trance. Di Purworejo banyak grup Dolalak yang tiap grup memiliki ciri khas sajian berbeda-beda. Salah satu contoh sajian Dolalak yaitu Dolalak Paket Padat garapan Sanggar Tari Prigel Kabupaten Purworejo yang memiliki keistimewaan pada bentuk penyajiannya yang meliputi urutan penyajian dari maju beksan hingga mundur beksan serta unsur pendukung sajian yaitu: pelaku, gerak, iringan, rias dan busana, pola lantai, dan durasi penyajian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan “Bentuk Penyajian Dolalak Paket Padat di Sanggar Tari Prigel Kabupaten Purworejo” yang hasilnya diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahas dan Seni Universitas Negeri Semarang sebagai bahan referensi dan menambah wawasan, Dinas Pendidikan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Purworejo sebagai motor dan pelestari tumbuh kembangnya seni tradisi di Purworejo.

Penelitian dilakukan di Sanggar Tari Prigel Kabupaten Purworejo sebagai tempat penggarapan Dolalak Paket Padat yang pusat latihannya di pendapa Setda Kabupaten Purworejo. Penelitian dilakukan denga pendekatan diskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, serta teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi untuk uji validitas dan keabsahan data.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan pada “Bentuk Penyajian Dolalak Paket Padat di Sanggar Tari Prigel Kabupaten Purworejo”diperoleh hasil: Dolalak Paket Padat disajikan dari maju beksan hingga mundur beksan terus menerus tanpa jeda, penari adalah siswa sanggar, pemain musik adalah pemusik Dolalak Tradisional, geraknya merupakan rangkaian beberapa ragam gerak Dolalak dengan iringan musik yang bervariasi tempo dan dinamiknya yang dimainkan tanpa berhenti, rias dan busana menggunakan sedikit variasi, pola lantai beragam dan durasi penyajiannya pendek yaitu antara 10 hingga 30 menit, pada puncak sajian salah satu penari melakukan gerak kiprah sebagai adegan pengganti trance. Sebagai salah satu karya kreatif beberapa seniman, Dolalak Paket Padat dapat digunakan sebagai sarana apresiasi bagi sanggar-sanggar tari dan grup Dolalak di Purworejo dan bisa digunakan sebagai sarana pelestarian seni tradisi dengan cara mengembangkan di masyarakat atau menjadikannya sebagai materi muatan lokal daerah untuk Sekolah Dasar di Purworejo.

Download

BENTUK PENYAJIAN DOLALAK PAKET PADAT DI SANGGAR TARI PRIGEL KABUPATEN PURWOREJO , 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets