BIMBINGAN GURU MENGGUNAKAN OPERASI HITUNG DALAM MENGURUTKAN BILANGAN PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi PGSD: BIMBINGAN GURU MENGGUNAKAN OPERASI HITUNG DALAM MENGURUTKAN BILANGAN PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

LELY FATMAWATI . 2006. Skripsi PGSD, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Pengelolaan pendidikan semakin menuntut kualitas dan antisipasi yang tepat kepada para pendidik untuk menggunakan berbagai sumber yang tersedia, mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa, serta mempersiapkan pembelajaran yang mampu menumbuhkan cara berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Era global yang ditandai dengan percepatan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, khususnya dibidang informatika, semakin mengaburkan jarak, ruang dan waktu antar bagian dunia (Heri Sukarman, 2002: 1). Semakin kompleknya permasalahan dan kebutuan hidup manusia, memerlukan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, termasuk dalam bidang pendidikan. Penguasaan terhadap ilmu-ilmu dasar menjadi sangat mendesak agar kualitas hasil pendidikan dapat bersaing dengan negara-nagara lain.

Berhitung merupakan salah satu bidang akademik dasar, selain menulis dan membaca. Secara sederhana, berhitung dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan maupun aktivitas yang mengacu pada operasi bilangan matematika, baik yang menyangkut penjumlahan, pengurangan , perkalian ataupun pembagian.
Penggunaan empat tanda operasional matematika tersebut secara bersama-sama dalam satu masalah matematika harus memperhatikan aturan – aturan pengerjaan yang menyertainya. Dan bagi sebagian besar siswa sekolah dasar, penggunaan empat tanda operasi matematika ini masih menjadi momok, terutama bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Krobokan 01 Semarang. Hal itu dibuktikan dengan rendahnya perolehan hasil evalusi yang diberikan oleh guru dalam beberapa kesempatan yang lebih menitik beratkan pada pemberian soal tentang penggunaan empat tanda operasional matematika. Kemampuan menyelesaikan soal latian yang diberikan oleh guru masih perlu adanya bimbingan belajar dari semua pihak terutama guru dan orang tua agar dalam penyelesaiannya siswa menjadi lebih mengerti dan memahami cara-cara mengerjkan soal tersebut dengan benar.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka penulis merasa tertarik untuk mengetahui sejauh mana hasil pemberian bimbingan belajar yang dilaksanakan terhadap upaya meningkatkan kemampuan matematika dengan mengadakan penelitian maupun pengamatan Tugas Akhir berjudul’’ Pengaruh Bimbingan Belajar Menggunakan Empat Tanda Operasional Matematika”

Download

BIMBINGAN GURU MENGGUNAKAN OPERASI HITUNG DALAM MENGURUTKAN BILANGAN PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets