BIMBINGAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN SIMBOL-SIMBOL BUNYI DI KELAS I SDN WONOSARI 02

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan PGKSD: BIMBINGAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN SIMBOL-SIMBOL BUNYI DI KELAS I SDN WONOSARI 02

Fadhilah . 2006. Skripsi. Jurusan PGKSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Pada dasarnya anak usia kelas I (usia 6-7 tahun) masih senang bermain karena pada usia tersebut adalah masa peralihan dari fase konkret ke fase formal. Aktifitas belajarnya pun terbiasa dengan bermain, cara berfikirnya pun masih operasional konkret. (Skripsi Mahasiswa Program Strata 1 Semarang). Menurut pengamatan di TK anak-anak sudah dikenalkan bunyi dan huruf, dimulai dari 0-9 dan huruf abjad kurang lebih 14 huruf dengan cara menebali kembali kertas yang sudah diberi garis putus-putus atau titik-titik oleh guru.

Di kelas 1 SD anak-anak diharapkan mampu melafalkan dan menuliskan dengan benar. Namun pada kenyatannya di SDN Wonosari 02 ada siswa yang masih kesulitan dalam melafalkan dan menuliskannya. Mengapa anak tersebut belum bisa melafalkan dan menuliskannya? Setelah penulis mengadakan pengamataan ternyata anak tersebut mempunyai beberapa faktor, diantaranya: (1) tidak terbiasa membaca dan menulis di rumah disebabkan kurangnya perhatian dari kedua orang tuanya, kedua orangnya sibuk bekerja diluar rumah sebagai petugas rumah sakit sehingga kurang adanya bimbingan untuk belajar di rumah. (2) aktivitas sehari-harinya adalah bermain dan jajan, anak tersebut hanya diasuh oleh tetangganya tanpa bimbingan untuk mengajaknya belajar, setiap hari anak tersebut di rumah pengasuhnya dan petang baru dijemput oleh orang tuanya. Sehingga anak tersebut menjadi malas untuk belajar dikarenakan faktor keluarga yang tidak mendukung.
Bagaimana cara mengatasi agar anak tersebut dapat menulis dan membaca dengan benar? Dalam hal ini penulis menggunakan metode SAS (Akhadiah, 1992: 32-34. B. I. di kelas rendah). Metode tersebut penting untuk dijadikan solusinya karena metode ini sesuai tingkat perkembangan anak yang baru mengenal huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Berdasarkan alasan tersebut diatas, maka penulis menulis judul ”Bimbingan Membaca dan Menulis dengan simbol-simbol bunyi di kelas I”.

Download

BIMBINGAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN SIMBOL-SIMBOL BUNYI DI KELAS I SDN WONOSARI 02, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets